Interaksi Guru-Anak terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di TK Muslimat NU 55 Jember

Authors

  • Anif Ifadatul Fikriyah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Ahmad Jazuly Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Wedya Puspita Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31539/joeai.v8i3.15474

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran interaksi guru dan anak dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif yang dilakukan di TK Muslimat NU 55, Kesilir, Jember pada semester genap tahun ajaran 2024-2025. Subjek penelitian adalah 21 siswa berusia 4-5 tahun yang terdiri dari 17 laki-laki dan 4 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi guru dan anak sangat dipengaruhi oleh teori humanistik yang menekankan potensi anak untuk berkembang secara positif. Guru berperan sebagai fasilitator utama dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung interaksi sosial positif. Pendekatan langsung guru melalui komunikasi empati, keterlibatan dalam aktivitas bermain, dan membantu menyelesaikan masalah berdampak positif terhadap kemampuan anak dalam mengelola emosi, membentuk hubungan sosial, dan meningkatkan kepercayaan diri. Interaksi sosial memiliki peran penting dalam perkembangan anak usia dini, terutama dalam membentuk kemampuan komunikasi, kepercayaan diri, serta kepribadian dan keterampilan sosial anak. Pendekatan guru yang hangat dan empatik terbukti berkontribusi signifikan pada perkembangan sosial emosional anak..

 

 

 

Kata kunci: interaksi guru-anak, perkembangan sosial emosional, anak usia dini.

References

Aciyaningsih, A., & Husain, I. A. (2022). Upaya guru untuk meningkatkan interaksi sosial siswa usia dini. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 115–120. https://doi.org/10.30998/ocim.v2i2.8125

Age, J. G., & Hamzanwadi, U. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233

Charismana, D. S., Retnawati, H., & Dhewantoro, H. N. S. (2022). Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Indonesia: Kajian Analisis Meta. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 99–113. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333

Dina, R., Wardhani, K., Sultan, U., Tirtayasa, A., & -Banten, S. (2022). Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Menuju Pendidikan Sekolah Dasar. Jece, 4(2), 89–99. http://dx.doi.org/10.15408/jece.v4i2.31039

Fuadia, N. (2022). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Dini. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(1), 31–47. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i1.131

Habib Khalilur Rahman, A. S. N. (2021). analisis perkembangan bahasa anak dengan metode resource based learning di sekolah dasar. XI.

Insani, H. N. (2024). Strategi Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa pada Anak Usia Dini Pemalu Melalui Pendekatan Teori Zona Perkembangan Proksimal ( ZPD ) Vygotsky. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 1–14.

Kholifah, S. N., & Rizqiyani, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Di Tk Darul Muttaqin Desa Bulu Sari Kecamatan Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 3(1), 24–31. https://doi.org/10.32332/ijigaed.v3i1.5802

Puji Rahayu, & Dewi Kartika Sari. (2024). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Pra Sekolah di PAUD Surya Ceria Aisyiyah Kabupaten Karanganyar. Jurnal Medika Nusantara, 2(3), 243–255. https://doi.org/10.59680/medika.v2i3.1296

Putra, B. J. (2022). Teori Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4 - 6 Tahun (Ditinjau Dari Psikologi Perkembangan Anak). Histeria Jurnal: Ilmiah Soshum Dan Humaniora, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.55904/histeria.v1i1.36

Sanusi, A., & Khaerunnisa, S. (2022). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini DSanusi, A., & Khaerunnisa, S. (2022). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Kebijakan Pendidikan Nasional. Jurnal Al-Ilm, 4(20), 33–48. https://stisharsyi.ac.id/ojs/index.php/AlIlm/article/view/91alam Kebijakan Pendidi. Jurnal Al-Ilm, 4(20), 33–48. https://stisharsyi.ac.id/ojs/index.php/AlIlm/article/view/91

Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05

Sultani, S., Alfitri, A., & Noorhaidi, N. (2023). Teori Belajar Humanistik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(1), 177. https://doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.16108

Suryana, E., Wulandari, S., Sagita, E., & Harto, K. (2022). Perkembangan Masa Remaja Akhir (Tugas, Fisik, Intelektual, Emosi, Sosial dan Agama) dan Implikasinya pada Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1956–1963. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.664

Taseman, T., Safaruddin, S., Erfansyah, N. F., Purwani, W. A., & Femenia, F. F. G. dalam M. G. K. B. (Speech D. yang B. T. I. S. A. U. D. di T. N. P. S. (2020). Strategi Penanganan Gangguan (Speech Delay) Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Surabaya. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 13–26.

Wijaya Erik, & Nuraini Farah. (2023). Pentingnya Interaksi Sosial dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 78.

Downloads

Published

2025-06-30