Pengaruh Metode DTT (Discrete Trial Training) terhadap Konsentrasi Menulis Peserta Didik Disabilitas Autis di SLB N Patrang Jember
DOI:
https://doi.org/10.31539/joeai.v8i3.16046Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak metode Discrete Trial Training (DTT) terhadap konsentrasi menulis peserta didik disabilitas autis. Penelitian ini menerapkan desain Single Subject Research(SSR), dengan menerapkan dua perspektif, analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil dari analisis dalam kondisi, terhadap kecenderungan arah kondisi A dan kondisi B, menunjukkan korelasi positif dengan varibel ke variabel. Level stabilitas dan rentangnya adalah +10 untuk kondisi A dan +35 untuk kondisi B. Selanjutnya, perubahan level dalam kondisi A tercatat sebesar 10, sedangkan kondisi B menunjukkan perubahan sebesar 25. Sedangkan analisis Antar kondisi perubahan level menunjukkan 35-35 = 0 dengan presentase overlap adalah 0/100 × 100% = 0%. Oleh karena itu, dari hasil analisis data membuktikan bahwa penggunaan dari metode Discrete Trial Training (DTT) berpengaruh terhadap konsentrasi menulis peserta didik disabilitas autis.
Kata kunci: Disabilitas Autis, Discrete Trial Training (DTT), Konsentrasi Menulis
References
Amalia, G. (2015). Efektivitas teknik Discrete Trial Training (DTT) untuk
meningkatkan kemampuan mengenal warna primer bagi anak autis X DI SLB Autisma Mutiara Bangsa Padang. Jurnal Pendidikan Khusus, 4(3).
Arafah (2019). Kemampuan Menulis Permulaan Anak Autis Melalui Metode Discrete Trial
Training di SLB C YPPLB
Ballerina, Titisa. 2016. “Meningkatkan Rentang Perhatian Anak Autis dalam Pembelajaran
Pengenalan Huruf”. Journal of Disability Studies, Vol 3 (2): 245-266.
Cahyanti, M. N., Hitipeuw, I., & Huda, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Ekspresif dan Reseptif Anak Autis dengan Menggunakan Pendekatan ABA (Applied Behavior Analysis). Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 1(2), 125-129. Diakses pada tanggal 8 Januari 2019 darihttp://journal.um.ac.id/index.php/jppplb/article/ view/5273
Fatirul, A. N., & Walujo, D. A. (2020). Belajar dan Pembelajaran: (Hasil Kajian Penelitian dan Pengembangan) Model Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Berbasis Strategi Problem Based Learning. Scopindo Media Pustaka.
Gusnanda Amalia. “Efektivitas Teknik Discrete Trial Training (DTT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Primer Bagi Anak Autis X Di SLB Mutiara Bangsa Padang”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, Vol. 1, No. 3 (2015)
Henny B.A Kiriweno, 2021. Penggunaa Teknik Discrete Trial Training dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Siswa Autis di SLB Paulus Tomohon
Isnawati, R. (2020). Cara Kreatif Dalam Proses Belajar (Konsentrasi Belajar pada Anak Gejala Gangguan Pemusatan Perhatian (ADD)) (T. Lestari (ed.)). CV. Jakad Media Publishing
Koerniandaru, W. (2016). Efektivitas Toilet Training Dengan Metode Discrete Trial Training
Untuk Meningkatkan Kemampuan Toileting Pada Siswa Adhd Kelas I Di Slb E
Prayuwana Yogyakarta. Widia Ortodidaktika, 5(10), 1020- 1031. Diakses pada
tanggal 8 Januari 2019 dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php /plb/article/view/6416
Mauliya Nandra Arif Fani, 2020. Metode Pembelajaran Discrete Trial Training (DTT) Untuk Melatih Kemampuan Berwudhu Bagi Anak Autis
Muh Tasyrik Adam, 2017. Penggunaan Dicreat Trial Trainnig (DTT) dan langkah penerapannya
Nurlina, A., & Masruro, Z. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Widina Bhakti Persada Bandung.
Rahmahtrisilvia, & Setiawan, R. (2021). Asesmen Gaya Belajar Anak Gangguan Spektrum
Autisme (H. E. Thahar (ed.)). UNP Press.
Saputra, Y. W. A. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik
Reinforcement Positif dan Self Management Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar. Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 12(1), 11–28.
Sulistiyaningsih, M. P., & Sukirman, S. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Discerete Trial Training untuk Siswa Penyandang Autisme. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 5(1), 49-56. Diakses pada tanggal 8 januari 2019 dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jktp/art icle/view/14251
Wardana, Devit Kusuma. 2017. Peningkatan Kemampuan Konsentrasi Melalui Permainan
Bowling Pada Anak Autis. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri
Surabaya. Permainan
Widyanti (2018). Kemampuan Mneulis Permulaan Anak Autis Melalui Metode Discrete Trial
Training di SLB Happy Angela Center
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Kurnia, Lailil Aflahkul Yaum, Bhennita Sukmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.