Pengaruh Metode DTT (Discrete Trial Training) terhadap Konsentrasi Menulis Peserta Didik Disabilitas Autis di SLB N Patrang Jember

Authors

  • Siti Kurnia Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Lailil Aflahkul Yaum Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Bhennita Sukmawati Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31539/joeai.v8i3.16046

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak metode Discrete Trial Training (DTT) terhadap konsentrasi menulis peserta didik disabilitas autis. Penelitian ini menerapkan desain Single Subject Research(SSR), dengan menerapkan dua perspektif, analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil dari analisis dalam kondisi, terhadap kecenderungan arah kondisi A dan kondisi B, menunjukkan korelasi positif dengan varibel ke variabel. Level stabilitas dan rentangnya adalah +10 untuk kondisi A dan +35 untuk kondisi B. Selanjutnya, perubahan level dalam kondisi A tercatat sebesar 10, sedangkan kondisi B menunjukkan perubahan sebesar 25. Sedangkan analisis Antar kondisi perubahan level menunjukkan 35-35 = 0 dengan presentase overlap adalah 0/100 × 100% = 0%. Oleh karena itu, dari hasil analisis data membuktikan bahwa penggunaan dari metode Discrete Trial Training (DTT) berpengaruh terhadap konsentrasi menulis peserta didik disabilitas autis.

Kata kunci: Disabilitas Autis, Discrete Trial Training (DTT), Konsentrasi Menulis

References

Amalia, G. (2015). Efektivitas teknik Discrete Trial Training (DTT) untuk

meningkatkan kemampuan mengenal warna primer bagi anak autis X DI SLB Autisma Mutiara Bangsa Padang. Jurnal Pendidikan Khusus, 4(3).

Arafah (2019). Kemampuan Menulis Permulaan Anak Autis Melalui Metode Discrete Trial

Training di SLB C YPPLB

Ballerina, Titisa. 2016. “Meningkatkan Rentang Perhatian Anak Autis dalam Pembelajaran

Pengenalan Huruf”. Journal of Disability Studies, Vol 3 (2): 245-266.

Cahyanti, M. N., Hitipeuw, I., & Huda, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Ekspresif dan Reseptif Anak Autis dengan Menggunakan Pendekatan ABA (Applied Behavior Analysis). Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 1(2), 125-129. Diakses pada tanggal 8 Januari 2019 darihttp://journal.um.ac.id/index.php/jppplb/article/ view/5273

Fatirul, A. N., & Walujo, D. A. (2020). Belajar dan Pembelajaran: (Hasil Kajian Penelitian dan Pengembangan) Model Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Berbasis Strategi Problem Based Learning. Scopindo Media Pustaka.

Gusnanda Amalia. “Efektivitas Teknik Discrete Trial Training (DTT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Primer Bagi Anak Autis X Di SLB Mutiara Bangsa Padang”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, Vol. 1, No. 3 (2015)

Henny B.A Kiriweno, 2021. Penggunaa Teknik Discrete Trial Training dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Siswa Autis di SLB Paulus Tomohon

Isnawati, R. (2020). Cara Kreatif Dalam Proses Belajar (Konsentrasi Belajar pada Anak Gejala Gangguan Pemusatan Perhatian (ADD)) (T. Lestari (ed.)). CV. Jakad Media Publishing

Koerniandaru, W. (2016). Efektivitas Toilet Training Dengan Metode Discrete Trial Training

Untuk Meningkatkan Kemampuan Toileting Pada Siswa Adhd Kelas I Di Slb E

Prayuwana Yogyakarta. Widia Ortodidaktika, 5(10), 1020- 1031. Diakses pada

tanggal 8 Januari 2019 dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php /plb/article/view/6416

Mauliya Nandra Arif Fani, 2020. Metode Pembelajaran Discrete Trial Training (DTT) Untuk Melatih Kemampuan Berwudhu Bagi Anak Autis

Muh Tasyrik Adam, 2017. Penggunaan Dicreat Trial Trainnig (DTT) dan langkah penerapannya

Nurlina, A., & Masruro, Z. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Widina Bhakti Persada Bandung.

Rahmahtrisilvia, & Setiawan, R. (2021). Asesmen Gaya Belajar Anak Gangguan Spektrum

Autisme (H. E. Thahar (ed.)). UNP Press.

Saputra, Y. W. A. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik

Reinforcement Positif dan Self Management Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar. Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 12(1), 11–28.

Sulistiyaningsih, M. P., & Sukirman, S. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Discerete Trial Training untuk Siswa Penyandang Autisme. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 5(1), 49-56. Diakses pada tanggal 8 januari 2019 dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jktp/art icle/view/14251

Wardana, Devit Kusuma. 2017. Peningkatan Kemampuan Konsentrasi Melalui Permainan

Bowling Pada Anak Autis. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri

Surabaya. Permainan

Widyanti (2018). Kemampuan Mneulis Permulaan Anak Autis Melalui Metode Discrete Trial

Training di SLB Happy Angela Center

Downloads

Published

2025-06-30

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>