Media Edukasi Video Animasi terhadap Pemahaman Mahasiswa Tuna Rungu pada Mata Kuliah Psikologi ABK

  • Bhennita Sukmawati IKIP PGRI Jember
  • Nostalgianti Citra Universitas Argopuro IKIP Jember
  • Khusna Yulinda Universitas Argopuro IKIP Jember

Abstract

The purpose of this study was to determine the understanding of deaf students towards abnormal psychology courses using animated video educational media. This research uses descriptive qualitative research method with the type of case study research. The technique of taking research subjects using purposive sampling technique. The data analysis technique was carried out by data reduction, data categorization, synthesis and ended by compiling working hypotheses. Test credibility by using triangulation. The results showed that subjects A and B were; 1. increase understanding, which is marked by being able to explain the material briefly and precisely 2. Able to explain words that are not understood 3. Able to ask and answer questions. In conclusion, learning using animated video educational media can have a good impact on deaf students. Learning using animated videos can improve and develop students' abilities in the cognitive, affective and psychomotor domains.

 

Keywords: Affective and Psychomotor, Animation Media, Deaf

References

Andriani & Yuli, Eneng., (2019). Pengembangan media Pembelajaran video Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Tingkat Tinggi. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1)

Febriyanto, Budi, et al. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematis melalui penggunaan media kantong bergambar pada materi perkalian bilangan di kelas II sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2).

Hari. (2020). Media pembelajaran: pengertian, fungsi, manfaat, jenis jenis & contoh. https://salamadian.com/pengertian-media-pembelajaran/ Heri. 2020. Diunduh tgl 26 jam 16.00

Indah & Safaruddin., (2022). Pengembangan Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran, Jurnal Ilmu Terapan JIRAN 3(1)

Johari, A. (2014). Penerapan media video dan animasi pada materi memvakum dan mengisi refrigeran terhadap hasil belajar siswa (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Mais, A., (2016). Media..Pembelajaran..Anak.Berkebutuhan Khusus. Jember: Pustaka..Abadi.

Moleong, Lexy J., (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Putranto,..Bambang.,(2015).Tips.Menangani.Siswa.yang.Membutuhkan.Perhatian.khusus. Yogyakarta : Diva.Press.

Rizky.,.(2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika, 8(1), 109

Santoso & Subagyo. (2016). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar dengan Metode problem basic learning (PBL) pada Mata Pembelajaran Tune Up Mptor bensin Siswa kelas XI di SMK Insan CEndekia Turi Sleman tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Taman Vokasi, 5 (1).

Sawitri, Dyah. (2014). Modul Pelatihan Pengembangan Ketrampilan Dasar Instruksional. Surabaya.

Sunami & Aslam. (2021). Pengaruh Penggunaan media pembelajaran Video Animasi berbasisi Zoom Meeting terhadap minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basecedu, 5(4).

Turyatin, et al., (2016). Pengaruh Media Video Edukasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gondangrejo Tahun Pelajaran 2015/2016, 11(1). Diunduh 12 Mei 2022

Yunita, L., (2017). Pengaruh..Penggunaan Media Animasi Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Di Smp 1..Darussalam. Diunduh pada tanggal 10 Juli 2019 https://repository.ar-raniry.ac.id/504/1/skripsi%20gabungan.pdf
Published
2022-06-30
Abstract viewed = 123 times
pdf downloaded = 184 times