Studi Meta Analisis: Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Sebeum dan pada Waktu Pandemi Covid 19

  • Muhammad Rois Rafiqurrahman Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Wahyuni Suryaningtyas Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Sandha Soemantri Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

This study aims to determine the effect of video-based learning media before and during the pandemic. The method used is the systematic literature review method by reviewing and analyzing 6 articles related to the influence of video-based learning media before the pandemic and 6 articles during the pandemic on mathematics learning. The results of the meta-analysis using the effect size show that the influence of pre-pandemic video-based learning media has an influence on trigonometry material, flat sided geometric material, social arithmetic material, set material, and circle material and also has an influence on the dependent variable problem solving ability, understanding of mathematical concepts, learning outcomes, and creative thinking skills. The effect of video-based learning media during a pandemic had an influence on SPLDV material, number pattern material, statistics material, transformation material, straight line equation material and circle material and also had an influence on the dependent variable of learning outcomes, understanding of mathematical concepts, problem solving abilities. In conclusion, the effect of video-based learning media during a pandemic has an average effect size that is larger than the influence of video-based learning media before the pandemic.

 

Keywords: Learning media, Learning videos.

References

Annisah, S. & Masfiah, S. (2021). Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19 Meningkatkan Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan (JPSP), 1(1), 61–70. doi:10.23971/jpsp.v1i1.2812.

Arum, D.M.M., Suryaningtyas, W. & Soemantri, S. (2021) Efektivitas Komik Digital sebagai Media Pembelajaran Daring pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Journal of Education and Teaching (JET), 3(1), 24–36. doi:10.51454/jet.v3i1.127.

Baharuddin, I. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Sma Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan, Jurnal Nalar Pendidikan, 2(2), 247–255.

Basiroh, U. (2015) Efektivitas Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Question Student Have (QSH) Dengan Pendekatan Scientivic Berbantu Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII Pada Pokok bahasan Aritmatika Sosial di MTs Al-Muyyad 0, Skripsi. Skripsi yang tidak dibukukan.

Dachi, R.A. (2017) Proses dan Analisis Kebijakan Kesehatan (Suatu Pendekatan Konseptual). Yogyakarta: Deepublish.

Dearni, T., Nurdiana, A. and Partasiwi, N. (2021). Pengaruh Media Youtube Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 14 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022, 44(12), 2–8.

Efendi, J.F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Ethnomathematics “Madura Smart Math"’, (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang) [Preprint]. doi:10.54367/cartesius.v2i2.605.

Faridah, H., Suryaningtyas, W. and Kristanti, F. (2016). Pembelajaran Matematika dengan Media Televisi Edukasi pada Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya’, MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(2), p. 176. doi:10.30651/must.v1i2.236.

Febryanty et al. (2020) Pandemik COVID-19: Persoalan dan Refleksi di Indonesia. Surabaya: Yayasan Kita Menulis.

Fitriani, A. (2015) Pengaruh pendekatan Open-Ended terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik berbantuan video interaktif materi lingkaran kelas VIII MTS N Mranggen Demak Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi yang tidak dibukukan.

Harefa, D. & La’ia, H.T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa, Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), p. 327. doi:10.37905/aksara.7.2.327-338.2021.
Hidayati, A. (2021) Efektivitas Pembelajaran E-Lerning Berbasis Google Classroom Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa, Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 183–192.

Istiqomah, N. & Adi, W.S. (2021) ‘Efektifitas Penggunaan Video Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19’, 1(2), 75–90.

Moher, D. et al. (2015) ‘Preferred reporting items for systematic review and meta-analysis protocols (prisma-p) 2015 statement’, Japanese Pharmacology and Therapeutics, 47(8), 1177–1185.

Nugraha, D.G.A.P., Astawa, I.W.P. and Ardana, I.M. (2019). Pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap pemahaman konsep dan kelancaran prosedur matematis, Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), pp. 75–86. doi:10.21831/jrpm.v6i1.20074.

Nurdin, E. et al. (2019) Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK’, Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. doi:10.21831/jrpm.v6i1.18421.

Palopo, I. and Handayani, F. (2021). Efektivitas Penggunaan Video Tutorial Pembelajaran Matematika Terhadap Disposisi Matematis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Noling Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Palopo Matematis Dan Hasil Belajar S.

Partayasa, W., Suharta, I.G.P. and Suparta, I.N. (2020). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Minat’, JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), p. 168. doi:10.33603/jnpm.v4i1.2644.

Permana, R.S.M., Abdullah, A. and Mahameruaji, J.N. (2019). Budaya Menonton Televisi di Indonesia: Dari Terrestrial Hingga Digital, ProTVF, 3(1), 53. doi:10.24198/ptvf.v3i1.21220.

Prihandini, W. (2020) Korupsi APBD: Sebuah Studi Meta Analisis. Yogyakarta: Deepublish.

Purnomo, A.J., Dihardjo, W.S. and Suryaningtyas, W. (2013) Penggunaan media pembelajaran puzzle untuk meningkatkan perstasi belajar matematika siswa kelas VII SMP negeri 5 bangkalan pada materi keliling dan luas. Skripsi yang tidak dibukukan.

Rahmawati, F. et al. (2021). Efektivitas Video Belajar Dalam Pembelajaran Daring Matematika Materi Transformasi Pada Siswa SMP, Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(2), p. 202. doi:10.31949/th.v5i2.2668.

Rostika, D. and Junita, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sd Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diskursus Multy Representation (Dmr), EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), p. 35. doi:10.17509/eh.v9i1.6176.

Sari, R.T., Patmaningrum, A. and Suharto (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Video Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Spldv Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021, Jurnal Dharma Pendidikan, 16(2), 59–68.

Shinta, F.D. (2016) Pengaruh model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetiv) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan kelas VII SMP Negri 3 Kedungwaru Tahun ajaran 2015/2016. Tulungagung: Skripsi yang tidak dibukukan.

Suminarsih, S.P. (2021) Video Pembelajaran Asyik Murid Fantastik. karanganyar: Yayasan Lembaga Gumun Indonesia.

Syarifah, L., Holisin, I. and Shoffa, S. (2021). Meta Analisis: Model Pembelajaran Project Based Learning, 14(2), 256–272.

Wulandari, S. (2016) Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Pada Materi Himpunan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP NU Palembang.

Yetama, J.D. and Napitupulu, S. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Pecahan Biasa Di Kelas IV SD Negeri 101771 Tembung’, Journal of Science and Research, 2(3), 58–66. Available at: http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987.
Published
2022-12-31
Abstract viewed = 92 times
pdf downloaded = 87 times