Pengembangan Media Pembelajaran Ensiklopedia pada Mata Pelajaran IPA Kelas 5 SDN 58 Kota Lubuklinggau

  • Annisa Deni Marinda Universitas PGRI Silampari
  • Rudi Erwandi Universitas PGRI Silampari
  • Novianti Mandasari Universitas PGRI Silampari
Keywords: Ensiklopedia, IPA, Literasi

Abstract

Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif merupakan salah satu penyebab kejenuhan dalam proses pembelajaran yang berdampak buruk pada hasil belajar siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bernama ensiklopedia pada materi panas dan perpindahannya sebagai Media pembelajaran untuk kelas V SDN 58 Lubuklinggau. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan model ADDIE. Uji validitas media pembelajaran dan materi pembelajaran didasarkan pada hasil tiga validator ahli,  uji kepraktisan didasarkan pada respons guru yaitu wali kelas V.A dan 9 orang siswa dari kelas V.B tentang penggunaan media pembelajaran. Kemudian, media pembelajaran ini diimplementasikan di kelas V.A SDN 58 Lubuklinggau dengan subjek penelitian adalah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan media pembelajaran dengan skor rata-rata 0.87 berada dalam kategori tinggi. Hasil uji coba lapangan pada respon guru yaitu 94% dan siswa memperoleh 100%, keduanya dalam kategori respon positif yang dinyatakan sangat praktis. Hasil uji coba efek potensial dengan skor 0.70 berada dalam kategori tinggi. Media pembelajaran e-ensiklopedia ini dinyatakan valid, praktis dan memiliki efek potensial yang tinggi.

References

Amir Hamzah. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development.. Malang: Literasi Nusantara Abadi

Anas Salahudin. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Pustaka Setia.

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2013), h. 3.

Donna, R., Egok, S,A., Febriandi, R., (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar.Jurnal Basicedu, 5 (5), 3799-3813.

Dwitiyanti, N., Kumala, S. A., & Widiyatun, F. (2020). Using the ADDIE Model in the Development of Physics Unit Conversion Application Based on Android as Learning Media. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 10(2), 126

Hidayat, S. S. dkk. (2015). Panduan Penulisan Skripsi Sarjana, Edisi Revisi – Juli 2015. Bandung : Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha

Ibda, Fatimah. 2015. Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Jurnal Volume 3 UIN Ar-Raniry.
Jurnal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2 (2), 23

Kudisiah, HJ. 2018. “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN Bedus Tahun Pelajaran 2017/2018”. Jurnal Ilmiah Mandala Education, Vol. 4. No. 2 Oktober 2018.

Lestari, F., Egok, S. A., Febriandi, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD. Wahana Didaktika. 18(3), 255-269.

Meilina, F., Surahman, F., Sari, M.(2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Miniatur Rumah Adat Pada Tema 7 Untuk Siswa Kelas IV SDN 002 Tebing Kabupaten Karimun.Jurnal Pendidikan MINDA. 2(1), 44-51.

Nana Syaodih Sukmadinata, “Metode Penelitian dan Pendidikan”, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2015), 89

Nana Syaodih Sukmadinata, “Metode Penelitian dan Pendidikan”, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2015), 15

Prihartanta, Widayat. 2015. “Ensiklopedia Umum (Nasional)”. Jurnal Adabiya. Vol. 5 No. 85

Purnama, M., Rahmatina.(2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV SD. Jurnal of Basic Education Studies. 4(1),2359-2379.

Recha D, (2014). Pengembangan Ensiklopedia Bangun datar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Irsyadut tholibin tugu tulungagung.Skripi.Tidak diterbitkan.Fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan. Universitas Islam negeri maulana aik iibrahim:Malang

Sugiyono.(2019). In Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R & D (p. 394). Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan .Bandung : Alfabeta.

Sujana, A. (2013). Pendidikan IPA, Bandung: Rizqi Press.

Suwarno, Wiji. (2013). Perpustakaan dan Buku : Wacana Penulisan dan Penerbitan. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Toharudin, Uus. (2014). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: humaniora.

Trianto. (2017). Model PembelajaranTerpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara

Ulfa, L., Friansyah, D., Hajani, J.T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Pada Materi Peredaran Darah Kelas V SDN Rejosari.Journal of Elemantary School (JOES). 4(2), 106-118.

Ulya, H., dan Rahayu, R. 2018. Uji Kelayakan Perangkat Pembelajaran Open- Ended Berbasis EtnoIPA Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa.

Widyastuti, E and Susana, “Using The ADDIE Model to Develope Learning Material of Actuarial Mathematics” Journal of Physics, 2019, h.2

Yanto, P.T.D.(2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik.Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi. 19(1), 75-82.
Published
2023-11-22
Abstract viewed = 13 times
PDF downloaded = 14 times

Most read articles by the same author(s)