Pengaruh Media Poster terhadap Daya Serap Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran IPS Materi Lembaga Sosial di MTS Pancasila Kota Bengkulu

  • Dimas Sartika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Adisel Adisel UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Salamah Salamah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media poster terhadap daya serap siswa kelas VII mata pelajaran IPS materi Lembaga Sosial di MTs Pancasila Kota Bengkulu. peneliti mengambil kelas VII untuk dijadikan sampel  yang berjumlah 33 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes dan dokumentasi. Setelah kemampuan pretest diperoleh, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media poster. Sehingga diperoleh kemampuan posttest pada kelas yang diteliti, Sebelumnya nilai posttest untuk pembelajaran secara konvesional telah di peroleh dari guru IPS MTs Pancasila Kota Bengkulu.  Bila dilihat dari frekuensi hasil belajar siswa mengunakan media poster 9 siswa dikelompokkan atas/tinggi (28%) dengan nilai test 93,7 ke atas, 20 siswa kelompokkan tengah/sedang (60%) dengan nilai test 62,3-93,7 dan 4 siswa dikelompokkan rendah/bawah (12%) dengan nilai test 62,3 ke bawah. Serta nilai rata-rata posttest sebesar 78. Sedangkan kemampuan siswa pada saat pembelajaran konvensional/tanpa mengguankan media poster bila dilihat dari frekuensi hasil belajar 6 siswa dikelompokkan atas/tinggi (18%) dengan nilai  67,08 ke atas, 22 siswa dikelompokkan tengah/sedang (67%) dengan nilai 39,88-67,08 dan 5 siswa dikelompokkan rendah/bawah (15%) dengan nilai 39,88 ke bawah. Serta nilai rata-ratanya sebesar 53,48. adapun hasil daya serap siswa menggunakan media poster adalah 78% dengan katagori tinggi dan nilai KKM individunya sebesar 57%. Sedangkan daya serap siswa tanpa menggunakan media poster adalah 58% dengan katagori sedang dan nilai KKM individunya sebesar 12%.  Dari perhitungan pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t dengan hasil yang diperoleh  sedangkan  dengan df 60 pada taraf signifikan 5% yaitu 2,000. Dengan demikian  â‰¥  (6,627 ≥ 2,000), yang berarti hipotesis kerja () dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh media poster terhadap daya serap siswa kelas VII MTs Pancasila Kota Bengkulu. hasil yang diperoleh dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi berbagai pihak sebagai sebuah masukkan yang bermanfaat demi kemajuan dimasa mendatang.

Kata kunci : Media Poster, Daya Serap, Pembelajaran IPS

References

Budiastuti Dyah. 2018. Validitas dan Rebialitas penelitian. Jakarta:Mitra Wacana Media

Djamaluddin Ahdar dan Wardana. 2019. Belajar dan pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Center.

Gunawan Imam. 2016. pengantar ststistika inferensial, Jakarta: PT RajaGrafindo

Nani Hanifa. 2014. “Perbandingan tingkat kesukaran daya beda butir soal dan rlibialitas tes bentuk pilihan ganda asosialsi mata pelajaran ekonomi”. jurnal sosio e-konomi. 6 (1)

Hasan Muhamad Dkk. 2021. Media Pembelajaran. Klaten: CV Tahta Media Group

Istiglal Abdul. 2018. “Manfaat media pembelajran dalam proses belajar dan mengajar mahasiswa di perguruan tinggi,” Jurnal kepemimpinan dan pengurus sekolah. 3 (2)

Karrim Abdul. pemebelajaran ilmu pengetahuan sosial IPS

Kristanto Andi. 2016. Media pembelajaran. Jawa Timur: Bintang Sutabaya

Liberti Sihi. 2012. Skripsi: faktor faktor yang mempengaruhi daya serap terhadap ilmu statika dan tegangan pada siswa kelas X bidang keahlihan teknik bangunan di SMKN 2 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Yogyakarta

Magdalena Ina. 2021. “Penggunaan media gambar dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di SD Negri 09 Kamal Pagi,” Jurnal pendidikan dan ilmu sosia. 3 (2)

Masykur Rubhan. 2017. “Pengembangan media pembelajaran matematika dengan macromedia flash”.. Jurnal pendidikan matematika, 8.( 2)

Megawati 2017. “pengaruh media poster terhadap hasil belajar kosa kata bahasa Inggris,” jurnal (GEEJ). 4 ( 2)
Najaha. 2015. “Potensi daya serap anak didik terhadap pelajaran,” Jurnal lentera. 1 (2)

Nurfadhilah Septy dkk. 2021. “ Penggunan media poster untuk meningkatkan hasil belajar PKKN pda siswa SDN Cipete 4 Tangerang,” Jurnal PENSA 3 (2)

Rahma Septifanny. 2018 “Pengembangan media pembelajaran poster pada mata pelajaran sensor dan aktuator kelas XI TEI SMK Negeri 1 Labang Bangkalan” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 7 ( 2)

Rangga Aloysius. 2021. Statistika Seri Dasar dengan SPPS. Bandung: Media Sains Indonesia.
Riadi Edi. 2016. Statistika penelitian. Yogyakarta: CV Andi

Sudarsono Blasius. 2016 Menuju era baru dokumentasi. Jakarta: Lipi Press

Sugiyono. 2019. Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta CV

Sugiyono. 2017. Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suharman. 2018. “Tes sebagai alat ukur prestasi akademik” jurnal PAI 10 ( 1 )

Suparno N. dan Tamtomo Haryo. 2019. Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: ESIS.

Sumartono dkk. 2018. “ Penggunaan poster sebagai media komunikasi kesehatan,” Jurnal komunikologi. 15 (1)

Suryabrata Sumadi. 2014. metodologi penelitian. Jakarta: Rajawari Pers

Susilo Sugeng dkk. 2013. “Kemampuan berpikir kritis dalam membaca serta kesesuaiannya dengan intelegensi mahasiswa program studi sastra inggris,” Jurnal ERUDIO. 2 (1)

Windi Anisa Fadiyah, DKK. 2020. “Proses pembelajaran pada Sekolah Dasar,” Jurnal Nusantara. 2 (1)
Yaumi Muhammad. 2017. Media pembelajran. Makasar.

Zaki Ahmad, Diyan Yusri. 2020. “Penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran PKN di SMA Swasta Darussa’adah Kec Pangkalan Susu,” Jurnal Ilmu Pendidikan 7 (2)
Published
2023-11-22
Abstract viewed = 11 times
PDF downloaded = 9 times