Strategi Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Program Tahfidzul Qur'an di SD Negeri 07 Rejang Lebong.

  • Tince Ajeng Yurika Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Nuzuar Nuzuar Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Sumarto Sumarto Institut Agama Islam Negeri Curup

Abstract

Tujuan utama studi ini adalah untuk mendokumentasikan Strategi kepala sekolah SD Negeri 07 Rejang Lebong dalam melaksanakan program tahfidzul qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode seperti wawancara, investigasi lapangan, dan analisis dokumen digunakan untuk menyusun data ini. Setelah proyek penelitian selesai, dapat dikatakan bahwa bahwa strategi kepala sekolah dalam melaksanakan program Tahfidzul Qur’an di SD Negeri 07 Rejang Lebong yaitu: 1) Strategi kepala sekolah adalah: menciptakan iklim sekolah yang kondusif, memberdayakan tenaga pendidikan, memberi motivasi, dan memberikan keteladanan, serta membuat program pendidikan 2) Pelaksanaan program Tahfidzul Qur’an di SD Negeri 07 Rejang Lebong adalah di awali dengan tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. 3) Dampak Strategi Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Program Tahfidzul Qur’an yaitu semakin termotivasinya siswa dalam menghafal Al Qur’an, hafalan anak-anak meningkat dari sebelum mereka mengikuti program tahfidzul qur’an, membentuk karakter siswa yaitu karakter religius, berani, menarik dan terakhir yaitu menarik minat peserta didik baru. 

Kata Kunci: Strategi, Kepala Sekolah, Program Tahfidzul Qur’an

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Hidayat, H., & Gunadi, G. (2022). Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Al-Awwal Palembang. QUALITY, 10(1), 47.

https://doi.org/10.21043/quality.v10i1.13803

Hidayat, N. (2015). Metode Keteladanan Dalam Pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 03(02). https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/taalum/article/view/349/282

Ideswal, I., Yahya, Y., & Alkadri, H. (2020). Kontribusi Iklim Sekolah dan Kepemimpinan Kepala
Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 460–466. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.381

Kharis, M. K. (2017). Kontribusi Program Tahfidzul Qur’an Jurusan Agama Dalam Mengembangkan Manajemen Pendidikan Berbasis Pesantren Ma Al-Amiriyyah Blokagung
Tegalsari Banyuwangi. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, VII, No 2:371-386(2).

https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/darussalam/article/view/108/109

Kholid, R. I. (2017). Alquran Kalamullah Mukjizat Terbesar Rasulullah Saw. Diya al-Afkar: Jurnal Studi al-Qur’an dan al-Hadis, 5(1).

https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/diya/article/view/4332/2133

Mustofa, A. (2019). Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 5(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v5i1.71

Nur Latifah. (2021). Pembelajaran Al Qur’an Pada Program Tahfidz Balita dan Anak Usia Dini. Journal of Instructional and Development Researches, 1(1), 41–47. https://doi.org/10.53621/jider.v1i1.17

Octavia, L. S., & Savira, S. I. (2017). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 7. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p7-14

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Syamsul, H. (2017). Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (smp). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4271
Published
2023-12-31
Abstract viewed = 3 times
PDF downloaded = 3 times