Pengaruh Model Learning Cycle 7e Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Belajar Siswa Kelas X SMA NEGERI 4 Lubuklinggau
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Model learning Cycle 7e terhadap kemampuan berpikir kritis dan minat belajar siswa kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggauâ€. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian true eksperiment dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 4 Lubuklinggau dengan sampel penelitian dua kelas yaitu kelas X.8 sebagai kelas kontrol dan kelas X.9 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa tes dan lembar angket. Berdasarkan analisa data yang didapatkan menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan perlakuan dikelas kontrol 73,37 dengan persentase sebesar 80% berada pada kategori baik, sedangkan dikelas eksperimen 77,43 dengan persentase sebesar 68% berada pada kategori cukup. Thitung = 1,90 dan ttabel = 1,66 karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima serta diperoleh juga hasil dari peersentase minat belajar siswa terhadap pembelajaran fisika dikelas kontrol sebesar 78% dengan kriteria sedang dan dikelas eksperimen dengan menggunakan model Learning cycle 7e sebesar 89% dengan kriteria tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Learning Cycle 7e dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan minat belajar siswa terhadap pembelajaran fisika.
References
Akrim. (2021). Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa Belajar PAI Mencetak Karakter Siswa. Yogyakarta : Penerbit Pustaka Ilmu
Andraini, M., Rohiat, S., dan Elvia, R. (2021). “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks) Di Man 1 Kota Bengkulu.” Alotrop 5 (1): 35–41.
Hidayat, A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian dan Uji Validitas Reabilitas. Surabaya: Health Books Publishing.
Kelana, J. (2021). Model Pembelajaran Ipa Sd. Cirebon, Jawa barat : Edutrimedia Indonesia
Minhajul, N. (2021). Pembelajaran Di Masa Pandemi, Inovasi Tiada Henti. Yogyakarta : Penerbit Deepublish
Rahayu, D., N.. Harijanto, A., dan Lesmono,. A,. D. (2018). "Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Fluida Dinamis." Jurnal Pembelajaran Fisika 7 (2) : 163-166
Rusydi, A., dan Kosim, K. (2018). “Pengaruh Model Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Effect of Learning Cycle Model 7E on the Student Critical Thinking Skills.” J. Pijar MIPA 13 (2): 124–31.
Sekarpratiwi, F., Made, N., Putra, D., dan Yulianto, A. (2018). “Analisis Kemampuan Representasi Diagram Bebas Benda pada Materi Hukum Newton.” UPEJ Unnes Physics Education Journal 7 (2): 85–93.
Suciono, W. (2021). “Berpikir Kritis Tinjauan Melalui Kemanndirian Belajar, Kemampuan Akademik dan Efikasi Diri . Bandung : CV. Adanu Abimata.” In , 17–24.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Yunita, S., Rohiat, S., Amir, H. (2018). "Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Kimia Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Kepahiang." Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia." 2 (1): 33-38
Yolviansyah, F., dan Suryanti. (2021). “Analisis Minat dan Hasil Belajar Fisika di SMAN 3 Muaro Jambi.” 2 (2): 50–54.
Copyright (c) 2023 Inka Putri Anjelina, Ahmad Amin, Tri Ariani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.