Pengaruh Model Cooperative Learning terhadap Hasil Belabor IPS Terpadu (Sejarah) Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 15 Palembang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknnya pengaruh model Cooperative Learning terhadap hasil belajar IPS Terpadu (Sejarah) siswa kelas VIII di SMP Negeri 15 Palembang. Metode penelitian yang di gunakan yaitu metode Eksperimen kuantitatif. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas VIII.4 sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII.6 sebagai kelompok Eksperimen. Proses pengambilan data yang digunakan yaitu berupa tes. Setelah memperoleh data tes, maka akan dilakukan analisis data berupa Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hiotesis. Berdasarkan hasil pembahasan yang di dapat dari uji-t = 3,557 dari hasil tes yang telah dilaksanakan siswa pada kelas Eksperimen. Dapat diketahui bahwa nilai rata-rata siswa kelas Eksperimen yaitu x = 81,67, sedangkan nilai rata-rata pada kelas Kontrol yaitu x = 69,41. Berdasarkan data yang diperoleh dari perhitungan uji-t maka dapat disimpulkan bahwa nilai t = 3,557, sehingga Hα diterima dan Ho ditolak, dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Cooperative Learning terhadap hasil belajar IPS Terpadu (Sejarah) siswa kelas VIII di SMP Negeri 15 Palembang.
Kata Kunci : Model Cooperative Learning, Hasil Belajar Siswa
References
Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Ayu Pratiwi Kusuma W, D. R. (2017). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Dasar, 1-9.
Dwi, H. Y. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Type Inside-Outside Circle. Jurnal Cakrawala Pendas, 94-104.
Kesumawati, N., & Aridanu, I. (2017). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan. Noerfikri Offset, 56.
Muhammad, R. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara (CMN).
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Copyright (c) 2023 Duwi Antika Sari, Nur Ahyani, Dina Sri Nindiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.