Penerapan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Sifat-Sifat Benda untuk Mengukur Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 11 Lubuklinggau
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPA dalam pembelajaran sifat-sifat benda siswa kelas V setelah diterapkan Media Audio Visual di SD Negeri 11 Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan eksperimen semu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data dengan langkah-langkah: skor rata-rata dan simpangan baku, uji normalitas dan uji-t Rata-rata nilai Pre-Test sebesar 40,45 dan rata-rata nilai Post-Test sebesar 80.06 dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 90,9%. Berdasarkan analisis uji-t diperoleh nilai Thitung (5,48) dan Ttabel (1,693) jika dibandingkan maka Thitung > Ttabel. Untuk tes akhir pada taraf signifikan a=0,05 dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA dalam pembelajaran sifat-sifat benda siswa kelas V SD Negeri 11 Lubuklinggau setelah diterapkan Media Audio Visual secara signifikan tuntas.
Kata Kunci: Audio Visual, Hasil Belajar, IPA
References
Arikunto. (2013) Prosedur Penelitian: Satuan pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta, CV.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3 (2), 333-352.
Riduwan. (2013). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian, Bandung:Alfabeta
Copyright (c) 2023 Endah Meiyeni, Viktor Pandra, Yuni Krisnawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.