Evaluasi Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis CIPP
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis evaluasi kurikulum merdeka belajar berbasis CIPP. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah literature review.. Teknik pengumpulan data dengan mengambil jurnal dari google schoolar. Teknik Analisa data dengan Systematic literature review. Hasil penelitian Evaluasi CIPP melibatkan analisis konteks implementasi kurikulum, input atau sumber daya yang digunakan, proses implementasi kurikulum, dan produk yang dihasilkan.Evaluasi kurikulum Merdeka Belajar berbasis CIPP memberikan pemahaman komprehensif tentang konteks implementasi, sumber daya yang digunakan, proses implementasi, dan produk yang dihasilkan oleh kurikulum ini. Evaluasi ini penting untuk mendapatkan informasi yang berharga tentang keberhasilan dan tantangan dalam implementasi kurikulum Merdeka Belajar, serta untuk membuat perbaikan yang diperlukan guna meningkatkan kualitas Pendidikan
Kata Kunci : Evaluasi, Kurikulum Merdeka Belajar, CIPP
References
Bhakti, Y. B., Tola, B., & Triana, D. D. (2022). AITPO (Antecedent, Input, Transaction, Product, Outcomes): Mixed Model Evaluasi Cipp Dan Countenace Sebagai Pendekatan Evaluasi Program Kampus Mengajar. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 3(1), 11–24.
Darmawan, D. (2021). Evaluasi Model Context Input Process Product (CIPP) Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MI Muhammadiyah Suruh dan MIN 1 Trenggalek. IAIN Kediri.
Ekayana, A. A. G., & Ratnaya, I. G. (2022). Evaluasi Kurikulum Program Sarjana Sistem Komputer Menggunakan Model CIPP Stufflebeam. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3).
Inniyah, S., & Mulawarman, W. G. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Program Sekolah Ramah Anak Pada Smp Negeri 2 Tenggarong Dengan Model Evaluasi Cipp. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 1(2), 39–54.
Mubai, A., Jalinus, N., Ambiyar, A., Wakhinuddin, W., Abdullah, R., Rizal, F., & Waskito, W. (2021). Implementasi Model Cipp Dalam Evaluasi Kurikulum Pendidikan Teknik Informatika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1383–1394.
SOPIANI, S. (2023). Evaluasi Penerapan Model Kurikulum Merdeka Di Smk Negeri 1 Tasikmalaya Pada Mata Pelajaran Pjok (Studi Deskriptif Kualitatif di SMK Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Universitas Siliwangi.
Wardhani, A. (2022). Evaluasi Implementasi program MBKM Kampus Mengajar Berbasis CIPP di SDN 010 Melayu Besar. Universitas Negeri Padang.
Wardiyah, J., Budianti, Y., Al Farabi, M., & Sirojuddin, A. (2023). Merdeka Belajar Activity Unit at Madrasah Aliyah: Program Evaluation Study Using CIPP Method. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 119–138.
Wibowo, A., Armanto, D., & Lubis, W. (2022). Evaluasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar Dengan Model CIPP. Journal of Educational Analytics, 1(1), 27–40.
Copyright (c) 2023 Huldiya Syamsiar, Muzakki Muzakki, I Gede Ratnaya, I Wayan Widiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.