Pengembangan Mobile Learning Berbasis Augmented Reality Materi Bangun Datar dan Ruang dengan Pendekatan Etnomatematika pada Tingkat Sekolah Dasar

  • Cicilia Clara Devi Anggraini Universitas Terbuka
  • Danar Kristiana Dewi Universitas Terbuka
  • Gunawan Wiradharma Universitas Terbuka
  • Khaerul Anam Universitas Terbuka
  • Tiara Sevi Nurmanita Universitas Terbuka

Abstract

Aktivitas pembelajaran matematika yang dilakukan oleh guru di tingkat sekolah dasar belum sesuai dengan apa yang diharapkan karena media pembelajaran yang digunakan hanya terpaku pada satu sumber, yaitu buku ajar sehingga peserta didik kesulitan dalam memahami materi dan objek yang tidak jelas. Mobile learning sebagai alternatif layanan pembelajaran masa kini yang adaptif menawarkan kemudahan, kecepatan, keluwesan, dan kemenarikan. Selain itu, penggunaan media pembelajaran semakin beragam dan interaktif, salah satunya adalah dengan pemanfaatan teknologi augmented reality (AR). Perlu dilakukan pengembangan aplikasi mobile learning berbasis augmented reality materi bangun datar dan ruang yang terdapat dalam pelajaran matematika di tingkat SD agar materi tersebut mudah dipahami. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengembangan aplikasi tersebut. Tujuan penelitian ini melakukan pengembangan hingga uji kelayakan dari para ahli. Manfaat penelitian ini adalah mengetahui langkah-langkah yang dilakukan dalam melakukan pengembangan aplikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif dengan kuesioner sebagai teknik pengambilan data. Tahapan penelitian dan pengembangan sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Borg & Gall. Penelitian ini fokus pada bagian pengembangan aplikasi yang terdiri atas dua tahap. Tahap pertama adalah pengembangan konten dan tampilan aplikasi. Tahap kedua adalah uji validasi aplikasi menurut ahli bahasa, materi, dan media sehingga jika ada kekurangan dapat dilakukan perbaikan. Hasil penelitian ini adalah kualitas dan kelayakan aplikasi mobile learning berbasis augmented reality materi bangun datar dan ruang.

Kata kunci: mobile learning, augmented reality, pengembangan aplikasi, media pembelajaran, bangun ruang/datar, pendekatan etnomatematika

 

References

Abdurrohim, Muhammad, Dewi Tryanasari, dan H. (2020). Pengembangan E-Comic Berbasis Wayang Materi Perubahan Bentuk Energi dan Sumber Energi Alternatif Untuk Kelas IV SD. PANCAR, 4(2), 92–97.

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003. https://doi.org/10.31004 /basicedu.v4i4.492
Azuma, R. . (2014). A Survey Of Augmented Reality : Presence Teleoperators and
Virtual Environments Hughes Research Laboratories.

Belina, Elda P, dan F. R. B. (2013). Perancangan dan implementasi aplikasi E-learning versi mobile berbasis android. Jurnal Teknik Elektro, 4(3).

Dini, E. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Edutainment Pada Bangun Ruang Sisi Datar. UIN Raden Fatah Palembang.

Dominikus, W. S. (2018). Etnomatematika Adonara. Media Nusa Creative.

Fauziah, S. (2017). Studi Etnografi Komunikasi Ritual Adat Masyarakat Kampung Pulo Desa Cangkuang Kecamatan Leles Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research : An Introduction (7th ed.). Pearson.

Huang, C. S. J. dkk. (2016). Effects of Situated Mobile Learning Approach on Learning Motivation and Performance of EFL Students. Journal of Educational Technology and Society, 19(1), 263–276.

Ibrahim, N. & I. I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SMP. REFLEKSI EDUKATIKA, 8(1), 81.

Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8019

Khotimah, K., & Satiti, W. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 2(1), 99–105.

Kurniasih, R. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Fase Belajar Model Van Hiele Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung. Jurnal Silogisme, 2(2), 61–68.

Lailiyah. (2020). Pengembangan Media Komik Siklus Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 1–11. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian%02pgsd/article/view/33521/29990

Marsigit, Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2018). Pengembangan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Musafanah, H. J. S. & Q. (2017). Pengembangan Media Koran Melalui Flipbook Berupa E-BOOK Pada Materi IPA. Elementary School, 4(2), 205–211. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v4i2.179

Mutia. (2017). Analisis kesulitan siswa SMP dalam memahami konsep kubus balok dan alternatif pemecahannya. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 83–102.

Nurhasanah, Z., Widodo, A., & Riandi, R. (2019). Augmented reality to facilitate students’ biology mastering concepts and digital literacy. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(3), 481–488.

Pratiwi. (2017). Pengembangan Buku Cerita Anak Dengan Menginsersi Budaya Lokal Dalam Tema Kegemaranku Untuk Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3).

Putri, W. N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.18326/lisania.v1i1.1160

Rahmiati, Musdi, E., & Fauzi, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 267–272.

Reginasari, A., & Annisa, V. (2018). Menggali Pengalaman Menggunakan Teknologi Berbasis Internet Dalam Mempersiapkan Indonesia Menuju Industri 4.0. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 11(3), 183–196.

Riduwan. (2012). Dasar-dasar Statistika. Alfabeta.

Rofi’i, M. (2018). Selandang Pandang Jawa Barat. PT Intan Perwira.

Rohmah, I. U. (2014). Meningkatkan pemahaman konsep volume dan luas permukaan bangun ruang sisi datar menggunakan kotak musium. In Makalah Di Presentasikan Pada Seminar Problematika Pembelajaran Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Tulung Agung.

Rohmanurmeta, M. & D. (2019). Pengembangan Komik Digital Pelestarian Lingkungan Berbasis Nilai Karakter Religi Untuk Pembelajaran Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Studi Kependidikan Dan Keislaman, 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24269/muaddub.v11i2.1213

Rostikawati, D. A., & Permanasari, A. (2016). Rekonstruksi Bahan Ajar dengan Konteks Socio-Scientific Issues pada Materi Zat Aditif Makanan untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Reconstruction of Learning Materials with Socio-Scientific Issues Context on Food Additives Content to Improving Student. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 156–164. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/8814/9018

Sakat, A. A. et al. (2012). Educational Technology Media Method in Teaching and Learning Progress. American Journal of Applied Sciences, 9(6), 874–878.

Sekarndary, H., Mirza, A., & Ahmad BS, D. (2022). Kajian Etnomatematika Pada Pembuatan Tenun Ikat Kabupaten Sintang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran
Khatulistiwa (JPPK), 11(7), 519. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i7.55986

Sroyer, A. M. (2018). Exploration of Ethnomathematics of House and Traditional Music Tools Biak-Papua Cultural. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(3), 175–184.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sungkur, R. K., Panchoo, A., & Bhoyroo, N. K. (2016). Augmented reality, the future of contextual mobile learning. Interactive Technology and Smart Education, 13(2), 123–146.

Syahreza Fahlevi, M., Sylviana Zanthy, L., Siliwangi Bandung, I., T. J., & Sudirman, J., & Barat, J. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 313–322.

Utami, D. (2019). Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Mediaaudio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. MAJU, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24903/pm.v5i1.461
Published
2023-11-09
Abstract viewed = 35 times
PDF downloaded = 21 times