Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (Rme) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Cijanjantung 01 Jakarta Timur
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya hasil belajar matematika di sebuah sekolah dasar di kota Jakarta. Hal ini terjadi akibat penggunaan pendekatan pembelajaran yang kurang efektif oleh pendidik. Strategi yang telah diaplikasikan dalam penelitian untuk memecahkan permasalahan ini memberikan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME), yang berfokus pada pengajaran siswa bagaimana memecahkan masalah dunia nyata. Pendekatan RME akan digunakan penelitian ini dengan tujuan untuk melihat bagaimana cara meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Cijantung 01 selama tahun pelajaran 2022/2023. Karena rendahnya hasil belajar matematika maka penelitian ini dilakukan. Desain eksperimental kuantitatif tipe pretestposttest digunakan dalam metode ini. 50 siswa dalam populasi. Kelas VA yang berjumlah 25 siswa, dan kelas V-B yang berjumlah 25 siswa, kelas tersebut yang akan menjadi sampel penelitian. Sampel yang digunakan penelitian ini dalam penelitian ini yaitu, metode purposive sampling digunakan dalam teknik pengambilan sampel. Tes pilihan ganda tiga puluh pertanyaan yang objektif berfungsi sebagai instrumen penelitian. Uji normalitas digunakan untuk melakukan uji persyaratan, kemudian data dari kelas eksperimen dan kontrol diberi distribusi normal. Uji-t menghasilkan penolakan H0 pada taraf signifikan 5% dan Effect Size 7,85 yang tergolong tinggi ketika hipotesis diuji. Sedangkan rata-rata kelas kontrol memperoleh skor nilai 57,16, sedangkan rata-rata kelas eksperimen memperoleh skor nilai 84,12. Temuan penelitian ini buktikan itu model pendekatan Realistic Mathematical Education (RME) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Cijantung 01.
Kata Kunci: Siswa, Realistic Mathematics Education, Hasil Belajar, Matematika
References
Meningkatan Pemahaman pada Materi Penjumlahan Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 91–99.
Angga, Cucu Suryana, Ima Nurwahidah, D. (2022). Bagaimana Minat Belajar dan Lingkungan Keluarga Mempengaruhi Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar? Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230.
Anita Rahmatunisa, F. D. (2020). Penerapan Pendekatan Realistic
Mathematics Education (Rme) Melalui Perangkat Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 3(2), 54–59. https://doi.org/10.37150/jp.v3i2.787.
Eka Putra, A. S. (2021). Pengaruh Kompetensi Dan Integritas Terhadap Kinerja Perangkat Desa. JESS (Journal of Education on Social Science), 5(1), 24. https://doi.org/10.24036/jess.v5i1.314.
Elwijaya, F., Harun, M., & Helsa, Y. (2021). Implementassi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 741–748. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.796.
Hasanah, L. S., & Pembelajaran, M. (2023). MODEL PEMBEAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PASCA PANDEMI COVID-19. 17(1).
Hidayat, E. I. F., Vivi Yandhari, I. A., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.21103.
Islam, U., Sunan, N., Surabaya, A., Islam, U., Sunan, N., Surabaya, A., & Belajar, M. (2022). Efektivitas Relaksasi Dzikir untuk Meningkatkan
Motivasi Belajar Siswa : Literature Review Fathimathuz Zahro Abdul Muhid Submission Track : Received : Final Revision : Available online : PENDAHULUAN Pendidikan merupakan salah satu hal yang perlu diperhati. Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 159– 173. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/TARLIM/article/view/803 4.
I Wayan Widana. (2021). Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Indonesia. Jurnal Elem, 7(1), 450–462. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3744.
Jayabaya, U., & Jayabaya, U. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar siswa melalui pemdekatan inquiri pada mata pelajaran bahasa inggris kelas XII SMA 4 Gorontalo. 02(23), 539–552.
Khotimah, S. H., & As’ad, M. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar [Realistic Mathematics Education Approach to Mathematics Learning Outcomes for Elementary School Students]. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 491–498.
Kurnia, R. A., Wahyuni, B. D., Handayani, N., & Sari, Y. N. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Daring (Online) Di Masa Pandemi Covid-19. Integral : Pendidikan Matematika, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.32534/jnr.v13i1.3107.
Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid – 19 : Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1), 90–98. https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.31311.
Pasinggi, Y. S., & Thuken, R. (2019). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Pada Penjumlahan Pecahan Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 28 Kota Parepare. Publikasi Pendidikan, 9 (1), 72. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.8445.
Puspasari, H., & Puspita, W. (2022). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19. Jurnal Kesehatan, 13(1), 65. https://doi.org/10.26630/jk.v13i1.2814.
Robbany Arham, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Dasar. Didactical Mathematics, 4(2), 314–322. https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.2148.
Rosmala, I. A. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION ( RME ) AN EFFORT TO IMPROVE MATHEMATICS LEARNING RESULT USING REALISTIC (B. S. Fatmawati (ed.); 1st ed.).
Rosmala, I. A. (2018). Pengaruh Pendekatan RME Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV. In B. S. Fatmawati (Ed.), Pancar (1st ed., Vol. 6, Issue 1).
Rosmala, I. A. (2018). Meningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Media Konkrit. In B. S. Fatmawati (Ed.), Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (1st ed., Vol. 4, Issue 2). https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4473.
Rosmala, I. A. (2018). Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Indonesia. In B. S. Fatmawati (Ed.), Jurnal Elemen (1st ed., Vol. 7, Issue 2). https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3744.
Rosmala, I. A. (2018). Memperkenalkan Kembali Metode Eksperimen dalam Kajian Komunikasi. In B. S. Fatmawati (Ed.), Academy of Education Journal (1st ed., Vol. 6, Issue 1). https://doi.org/10.55340/japm.v6i1.192
Rosmala, I. A. (2018). Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di
Indonesia. In B. S. Fatmawati (Ed.), Jurnal Elemen (1st ed., Vol. 7, Issue 2). https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3744 .
Salsabila, A., & Puspitasari. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Pendidikan Dan Dakwah, 2(2), 278–288.
Siregar, S. F. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Biolokus, 2(2), 2621–3702.
Sorong, M. K. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH MAJARAN KABUPATEN SORONG. 66–74.
Viii, K., Viii, D., Kegiatan, P., Pramuka, E., Febrian, D., & Wirdatul, A. (2022). Hubungan Antara Media Pembelajaran Online Dengan Hasil Belajar. 1.
Zhafirah, L. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 166 Laburawung Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Universitas Negeri Makassar, 1–1.