Pengembangan Media Pakapindo (Papan Kantong Pintar Doraemon) pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 09 Lubuklinggau

  • Ratna Sari Dewi Universitas PGRI Silampari
  • Dedy Firduansyah Universitas PGRI Silampari
  • Andriana Sofiarini Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain Media PAKAPINDO (Papan Kantong Pintar Doraemon) Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD yang valid, dan praktis. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 dosen sebagai validator media dan validator bahasa, guru kelas, dan 11 siswa kelas IV SD Negeri 09 Lubuklinggau. Metode yang digunakan adalah model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil analisis validasi ahli media memperoleh angka 0,86 dalam kategori sangat valid. Validasi ahli bahasa memperoleh angka 0,80 dengan kategori cukup valid. Validasi ahli materi memperoleh angka sebesar 0,96 dengan kategori sangat valid. Rekapitulasi persentase kepraktisan mencapai 91,665% dalam kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa Media PAKAPINDO (Papan Kantong Pintar Doraemon) Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD valid, dan praktis. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa Media PAKAPINDO (Papan Kantong Pintar Doraemon) layak digunakan dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar.

 

Kata Kunci: : IPS, Media PAKAPINDO, Sekolah Dasar

References

Setiawan. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Siska, Yulia. (2016). Konsep dasar IPS. Yogyakarta: Garudhawaca.

Susilah, Bahan. (2021). Pengembangan Media PAKAPINDOR dalam Pembelajaran Tematik Muatan PPKN Pada Siswa Kelas IV SD Pangudi Luhur ST Aloyesius Sedayu. Jurnal Pendidikan KE-SDan. 8 (1). 1259.

Satiawati, dkk. (2019). Pengembangan Media PAKAPINDOR (Papan Kantong Pintang Doraemon) Pada Pembelajaran IPS Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmia Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6 91). 163.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Published
2023-12-12
Abstract viewed = 26 times
PDF downloaded = 11 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>