Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle dalam Pembelajaran Ips Kelas V Sd Negeri 4 Srikaton
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPS Kelas V SD 4 Negeri Srikaton dengan diterapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Puzzle signifikan tuntas atau tidak. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu, desain penelitiannya Pre-test dan post-test Group design.Teknik Pengumpulan datanya menggunakan teknik tes. Teknik analisis datanya dengan langkah-langkah: Uji Normalitas dan Uji-z. Berdasarkan analisis data maka diketahui hasil tes awal (pre-test) dengan nilai rata-rata 47,73 dan hasil tes akhir (post-test) memiliki rata-rata 70,53. Hal ini menunjukan bahwa nilai rata-rata tes akhir (post-test) lebih besar dari pada tes awal (pre-test). Setelah dihitung menggunakan uji-z diperoleh nilai zhitung = 2,19 yang dibandingkan dengan ztabel = 1,64 dengan taraf signifikan yaitu α=0.05 jadi disimpulkan bahwa z0 ≥ zt atau 2,19 ≥ 1,64. Maka disimpulkan bahwa hasil belajar IPS Kelas V SD Negeri 4 Srikaton setelah diterapkan Model Problem Bassed Learning berbantuan media Puzzle secara signifikan tuntas, Tahun ajaran 2022/2023.
Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Media Puzzle, dan IPS
References
Cholifah, T. N., & Agripina, C. A. (2020). Pengembangan Media Puzzle Pancasila (Puzzpala) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, JPDP 6 (2) Oktober, 195-208.
Dewi, C & Rohmanurmeta, F. M. (2019). Pengembangan Ilmu Pengetahuan Sosial. Madiun: UNIPMA Press.
Suryani, H & Syamsidah. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL) Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Sleman: CV Budi Utama.
Sutirman. (2013). Media Dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Triwiyono, E., Sofyan, H., Wagiran., & Komariah, K. (2017). Problem Based Learning Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: UNY Press.