Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Suka Jaya

  • Revita Rahayu Universitas PGRI Silampari
  • Dodik Mulyono Universitas PGRI Silampari
  • Yuni Krisnawati Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain media lkpd berbasis kearifan lokal. Menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media lkpd berbasis kearifan  lokal dalam pembelajaran IPA SD Negeri Suka Jaya. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengam model pengembangan 4-D. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV SD Negeri Suka Jaya. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan tes. Berdasarkan hasil validitas lkpd berdasarkan penilaian ahli bahasa, materi dan media menunjukkan bahwa media lkpd memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 0,81. Sedangkan dari analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa media lkpd berbasis kearifan lokal memenuhi kriteria sangat praktis dengan skor rata-rata 90,8%. Pada uji lapangan diperoleh N-gain (g) sebesar 0,76 dengan klasifikasi tinggi, yang artinya media lkpd berbasis kearifan lokal memiliki efektifitas sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media lkpd berbasis kearifan lokal terbukti valid, praktis dan memiliki keefektifan dalam pembelajaran IPA SD Negeri Suka Jaya.

 

Kata Kunci: IPA, Kearifan Lokal, Media Pmebelajaran, Pengembangan, LKPD.

References

Fitra. A . P. (2020) . Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kearifan Lokal Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED. 4 (4). 70-77

Hidayat & Irawan. (2017). Pengembangan LKS Berbasis RME dengan Model Problem Solving untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. 1 (2). 56.
Khusniati. M. (2012). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPA. 1 (2). 204-210.

Padang, S, N,. & Setrianus, (2017). Analisis Pemenuhan Lembaga Pendidikan Sekolah Dasar Di Distrik Mimika Baru Kabupaten Mimika, Jurnal Kritis Volume, 1 (2), 3-5

Puspitoroni. R., dkk. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan Ilmiah. 3 413-420.

Siswoyo, D. (2011 ). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Wahyudi., & Arum, S. T. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Subtema Hubungan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Pendekatan Saintifik Untuk Kelas 5 SD. Jurnal Sehoralia. 6 (3), 239-241
Published
2023-12-31
Abstract viewed = 21 times
PDF downloaded = 9 times

Most read articles by the same author(s)