Pengaruh Pembelajaran Online terhadap Minat Belajar Mahasiswa Tadris Matematika saat Pandemi & Pasca Pandemi Covid 19

  • Isnaini Isnaini Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Ario Santana Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Nurwiana Nurwiana Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pembelajaran online terhadap  minat belajar mahasiswa Tadris Matematika angkatan 2020-2022 selama dan setelah pandemi COVID-19. Selama periode pandemi, pembelajaran online menjadi solusi utama dalam melanjutkan proses pendidikan. Namun, perubahan tersebut dapat mempengaruhi minat belajar mahasiswa.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dimana kami meenggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linearitas dan uji regresi sederhana  dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa Tadris Matematika. Variabel yang diamati meliputi pengaruh pembelajaran online terhadap minat belajar, tantangan yang dihadapi selama pembelajaran online, serta dampak pasca pandemi.jumlah sampel yang di gunakan 30 mahasiswa Prodi Tadris matematika angkatan 2020, 2021, dan 2022. .Kesimpulannya, pembelajaran online memiliki pengaruh signifikan sebesar 55,6%  terhadap efektivitas minat belajar mahasiswa Tadris Matematika selama dan setelah pandemi COVID-19. Dalam menghadapi tantangan ini, perlu adanya upaya bersama antara institusi pendidikan, dosen, dan mahasiswa untuk menciptakan lingkungan pembelajaran online yang efektif dan mendorong minat belajar yang tinggi.

Kata Kunci : Covid 19, Minat Belajar, Pembelajaran Online

References

Muhammad Syahril Ramadhan, Nur Diana, Dan D. S. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MAHASISWA AKUNTANSI UNISMA DI ERA WABAH COVID-19. E-JRA, Vol. 10 No, 58–67.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. Https://Doi.Org/10.33394/Jp.V7i4.2941

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. Https://Doi.Org/10.51276/Edu.V2i1.112

Fuadi, T. M., Musriandi, R., & Suryani, L. (2020). Covid-19 : Penerapan Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(2), 193–200.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.

Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2), 119–129.

I Gusti Agung Ayu Wulandari, & Agustika, G. N. S. (2020). Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Persepsi Mahasiswa PGSD Undiksha). Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 515–526.

Monicca, I., Subkhan, & Setiyani, R. (2015). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Di Smk Palebon Semarang. Economic Education Analysis Journal, 4(2), 414–426.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika The Effectiveness Of E-Learning Using Online Media During The Covid-19 Pandemic In Mathematics. Al Asma: Journal Of Islamic Education, 2(1), 1–12.

Parwanto, M. (2020). Virus Corona (2019-Ncov) Penyebab COVID-19. Jurnal Biomedika Dan
Kesehatan, 3(1), 1–2. Https://Doi.Org/10.1038/Nsmb1123

Rofiqah, T., & Sunaini, S. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas X Sma Integral Hidayatulah Batam. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 4(1), 41–46. Https://Doi.Org/10.33373/Kop.V4i1.1122

Rozikin, S., Amir, H., & Rohiat, S. (2018). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA Negeri 1 Tebat Karai Dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 2(1), 78–81.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. Https://Doi.Org/10.22437/Bio.V6i2.9759

Setyani, M. R., & Ismah. (2018). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar. Pendidikan Matematika, 01(Oktober), 73–84.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(Juli), 1–3. Https://Doi.Org/10.31599/Jki.V1i1.265

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43 Https://Doi.Org/10.30998/Formatif.V6i1.750

Wilson, A. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) Melalui Aplikasi Berbasis Android Saat Pandemi Global. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). Https://Doi.Org/10.30998/Sap.V5i1.6386

Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. Medcom,Id, 4(2), 1. Https://Doi.Org/10.33087/Ekonomis.V4i2.179

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 236–240.
Published
2023-12-31
Abstract viewed = 5 times
PDF downloaded = 5 times PDF downloaded = 0 times