Optimalisasi Hafalan Al-Qur'an Anak Usia Dini: Studi Penerapan Metode Talaqqi di MDTA Masjid Istighfar Koto Tuo, Limapuluh Kota

  • Aisha Satira Ardhi Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar
  • Jhoni Warmansyah Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penerapan metode Talaqqi dalam optimalisasi hafalan Al Quran pada anak usia dini di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Masjid Istighfar Koto Tuo, Limapuluh Kota. Metode Talaqqi merupakan pendekatan pembelajaran yang menggabungkan metode lisan dan pendengaran untuk memfasilitasi proses hafalan Al Quran. Penelitian ini melibatkan sepuluh anak usia dini yang terdaftar di MDTA Masjid Istighfar Koto Tuo sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan analisis dokumen untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Talaqqi di MDTA Masjid Istighfar Koto Tuo memiliki dampak positif terhadap optimalisasi hafalan Al Quran pada anak usia dini. Metode ini mampu meningkatkan motivasi belajar, memperkuat keterampilan pendengaran, dan memperbaiki kualitas hafalan mereka. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada institusi pendidikan dan para pengajar untuk menerapkan metode Talaqqi dalam pembelajaran hafalan Al Quran pada anak usia dini. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan pentingnya kolaborasi antara lingkungan madrasah dan keluarga dalam mendukung dan memperkuat hafalan Al Quran pada anak usia dini.

Kata kunci: Al Quran, anak usia dini, hafalan, metode Talaqqi, MDTA Masjid Istighfar Koto Tuo.

References

Achmad, Zheihan Aisyah, Ajat Rukajat, and Undang Ruslan Wahyudin. 2022. ‘Pengaruh Metode Talaqqi Terhadap Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik Kelas Al-Qur’an TPQ Darussalam’. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies 5(1):282–301. doi: 10.31943/afkarjournal.v5i1.230.

Afifi, Saudah Al-Amilatul Kholisoh. 2022. ‘Implemenatasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahfidhul Qur’an Di SDI Wali Songo Kabupaten Mojokerto’. PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction 6(1):54–70. doi: 10.32616/pgr.v6.1.458.54-70.

Aini, Zumratul, Charles Charles, Salmi Wati, and Arifmiboy Arifmiboy. 2023. ‘Perapan Metode Talaqqi Dalam Menghafal Qur’an Di Rumah Tahfidz Hidayatullah Jorong Balai Belo Kecamatan Tanjung Raya’. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 5(3):389–96. doi: 10.31004/jpdk.v5i3.15986.

Aprillya, Regina, and Asdi Wirman. 2023. ‘Penerapan Metode Talaqqi Dalam Membiasakan Anak Menghafal Al-Qur’an’. Journal of Education Research 4(1):7–12. doi: 10.37985/jer.v4i1.122.

Berampu, Noviana. 2022. ‘Implementasi Metode Talaqqi Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Santri Di Rumah Qur’an Cahaya Hidayah 2 Medan Johor’. Thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Bogdan, Robert, and Sari Knopp Biklen. 2007. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theories and Methods. London: Pearson A & B.

Creswell, John W., and Cheryl N. Poth. 2016. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. London: SAGE Publications.

Ihsan, Ahmad. 2020. ‘Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Menghafal Alquran Di Lembaga Tahfidz Alquran Pondok Pesantren Ittihadul Usrati Wal Jama’ah DDI Lerang-Lerang Kabupaten Pinrang’. undergraduate, IAIN Parepare.

Khasanah, Uswatun. 2020. ‘Penerapan Metode Talaqqi Dalam Menghafal Surat Pendek Pada Anak Di KB Mutiara Hati Karang Pucung Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas’. skripsi, IAIN Purwokerto.

Laila, Musrifatul, and Aries Dirgayunita. 2022. ‘Model Pembelajaran “Talaqqi” Tahfidzul Qur’an Era Pandemi Covid 19 Pada Siswa Gangguan Lambat Belajar (Slow Learner)’. Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan 13(1):9–26. doi: 10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v13i1.135.

Latif. 2013. Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini, Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Latifah, Ainiyatul, Wiji Nurasih, Waliko, Mhd Rasidin, and Doli Witro. 2021. ‘Pembelajaran Tahfidz Dengan Metode Talaqqi Via Aplikasi Zoom Dan Whatsapp (Studi Kasus Setoran Online Rumah Tahfidz SMP Ma’arif NU 1 Wanareja)’. Jurnal Pendidikan Islam 12(1):1–12. doi: 10.22236/jpi.v12i1.7006.

Lubis, Syamsidah, and Dewi Sabda Purnama. 2022. ‘Pengaruh Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas VIII Di SMP Islam Integral Luqman Al-Hakim 02 Batam’. TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management 3(1):32–40.

Lukman, Koko, and Astri Mulyati. 2021. ‘Efektivitas Metode Talaqi Pada Anak Usia Dini Dalam Menghafal Al Qur’an’. Jurnal Pendidikan BASIS 5(2).

Mashud, Imam. 2019. ‘Meningkatkan Kemampuan Dalam Setoran Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Pada Siswa Kelas VIB Sekolah Dasar Islam YAKMI Tahun 2018’. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 3(2):347–58. doi: 10.35568/naturalistic.v3i2.397.

Muktafi, Afiat, and Khoirul Umam. 2022. ‘Implementasi Metode Talaqqi dalam Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren’. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 8(2):194–205.

Nel, Pitiana. 2022. ‘Implementasi Metode Talaqqi Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Tajul Waqor Kota Bengkulu’. diploma, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Pramana, Dimas Dery, Dewi Anjani, and Suratman. 2023. ‘Implementasi Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di SMPIT Darul It-Tihad Kembang Janggut’. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan) 1(2):346–50.

Putri, Devi Nurdiana, and Dzulfikar Akbar Romadlon. 2023. ‘Application of Talaqqi Method in Learning Tahfidz Al-Qur’an in Early Children’. Indonesian Journal of Education Methods Development 21(1):10.21070/ijemd.v21i.706-10.21070/ijemd.v21i.706. doi: 10.21070/ijemd.v21i.706.

Silvia, Gita, Syofnidah Ifrianti, and Hasan Sastra Negara. 2023. ‘Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Menggunakan Metode Talaqqi’. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam 5(1):1336–47. doi: 10.20885/tullab.vol5.iss1.art10.

Tahiyah, and Dewi Maharani. 2022. ‘Implementasi Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an Juz 30 Dengan Metode Jama’ Dan Talaqqi’. Jurnal Alasma : Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah 4(2):91–101.

Umayah, Laili Nur, and Muhammad Misbah. 2021. ‘Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus’. MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 6(1):1–15. doi: 10.24090/maghza.v6i1.4603.

Zurilla. 2019. ‘Penerapan Metode Talaqqi Dalam Peningkatan Hafalan Al Qur’an Anak Di TK Indomo Saruaso’. Undergraduate Thesis, IAIN Batusangkar.
Published
2023-10-12
Abstract viewed = 55 times
PDF downloaded = 43 times