Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Relajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV MIN 1 Lubuklinggau
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media permaianan tebak gambar dapat menuntaskan hasil belajar IPS siswa kelas IV MIN 1 Lubuklinggau. Jelnis pelnellitian ini adalah pelnellitian elkspelrimeln. Meltoldel pelnellitian yang digunakan dalam pelnellitian ini adalah meltoldel elkspelrimeln selmu. Delsain elkselrimeln yang digunakan belrbelntuk olnel-grolup preltelst-polsttelst delsign. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas IV MIN 1 Lubuklinggau dan sebagai sampelnya kelas IV yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data dalam Penelitian ini menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikan 0,05. Sehingga diperoleh Zhitung = 2,06 dan Ztabel = 1,64 (Zhitung ≥ Ztabel). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media permainan tebak gambar data tes akhir dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran IPS dengan Model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media permainan tebak gambar secara signifikan sudah tuntas.
Kata Kunci: Hasil belajar, IPS, Media Permainan Tebak Gambar, Model TGT
References
Armidi, N, L, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperaif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD. Journal of Education Action Research, 6(2),214-220.
Imawati (2022). Implelmelntasi Gamel Eldukasi Telbak Gambar Helwan Untuk Pelndidikan Anak Usia Dini. Jurnal Manajelmeln dan Telknollolgi Infolrmasi,12(2), 35-42.
Mellindawati, S., & Olktavianti, F. (2021). Pelnelrapan Moldell Pelmbellajaran Kololpelratif TGT Telrhadap Hasil Bellajar IPS Siswa di Kellas V Selkollah Dasar. Jurnal Riselt Pelndidikan Dasar dan Karaktelr, 2(2), 1-15.
Munajah R. (2019). Pelnelrapan Pelmbellajaran Kololpelratif Moldell Telams Gamels Tolurnamelnt (TGT) Untuk Melningkatkan Aktivitas dan Hasil Bellajar IPS Telntang Geljala Alam di Indolnelsia dan Nelgelra Teltangga di Kellas IV SD Nelgelri Sukasari 2. Jurnal Ilmiah Pelndidikan Selkollah Dasar, 3(1),47-62.
Suaeb, S., Degeng, N, S., Amirudin, A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Tebak Gambar. Jurnal Pendidikan, 3(1),146-154.
Olctavia A, S. (2020). Moldell-Moldell Pelmbellajaran. Yolgyakarta: delelpublish
Copyright (c) 2023 Rina Nobita Sari, Ahmad Gawdy Prananosa, Aren Frima
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.