Perbandingan Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SDN 20 Kota Bengkulu dan SDN 108 Kabupaten Kaur

  • Reda Marlena Universitas Islam Negri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Desy Eka Citra Universitas Islam Negri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Wiji Aziiz Hari Mukti Universitas Islam Negri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Abstract

Reda Marlena Nim 1911240269, Judul Skripsi: Perbandingan Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Di SDN 20 Kota Bengkulu dan SDN 108 Kabupaten Kaurâ€. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Tarbiyah dan Tadris Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno (UINFAS) Bengkulu. Pembimbing: 1. Dr. Desy Eka Citra, M.Pd. 2. Wiji Aziiz Hari Mukti,M.Pd.Si

 

Kata Kunci: Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana perbandingan saat ANBK di dua SD yaitu SDN 20 Kota Bengkulu dan SDN 108 Kabupaten Kaur penelitian ini dilaksanakan pada 27 April- 27 Mei 2023. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah SDN 20 Kota Bengkulu dan Kepala Sekolah SDN 108 Kabupaten Kaur, guru dan Siswa kedua belah pihak SDN 20 Kota Bengkulu dan SDN 108 Kabupaten Kaur. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa saat Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) sudah berjalan dengan baik karna saat ujian akan di adakan atau dimulai sekolah sudah melakukan simulasi terlebih dahulu, adapun faktor pendukung yaitu pihak sekolah, Orang tua dan siswa yang senatiasa memberikan dukungan, dan perhatian lebih, sedangkan faktor penghambat yaitu komputer yang masih kurang untuk sekolah dasar negeri 108 Kabupaten Kaur.

 

References

Dhina Chya Rohim, Septina Rahmawati. 2021. Inggrid Dyah Genestri, Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Varidika, Kudus: Vol, 33, No.1, H56.

Fauziah, Afizah. 2021. Analisis Pemahaman Guru SMP Mengenai Assesment Kompetensi Minimum (AKM)”,.Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. III, No. 4.

KBBI Asesmen,https://www.kamusbesar.com/asesmen. Diakses 04 Februari 2023.

Kementrian Pendidikan,Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Kepala Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, 2021 Prosedur Operasional Standar Penyelelenggara Asesmen Nasional, Jakarta : No:030/H/PG.00/.

Kementrian Pendidikan,Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Kepala Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Prosedur Operasional Standar Penyelelenggara Asesmen Nasional, Jakarta : No:030/H/PG.00/2021,Hal.11.

Kinikatul Rahmawati, Ana Binti Nurhidayah, Nur Afifah Syahrani,. 2021.Yes Matheos Lasaurus Malaikos, Santiy Dinar Permata, Implementasi ANBK Terhadap Kesiapan Mental Peserta Didik, Education and Learning of Elementary School (ELES), Ngawi : Vol,02,No.01,H.2.

Muta’ali, J. A. 2020. Opini Masyarakat Tentang Asesmen Nasional Sebagai Penganti Ujian Nasional. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Popiati, Repti. 2020. Regulasi Emosi Gifted Adolescent. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Prof.Dr.Djam’an Satori, M.A.dan Prof. Dr.Aan Komariah, M.Pd.2017. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Rusdi, R. 2017. Kurikulum: Perencanaan, Implementasi, Evaluasi, Inovasi dan Riset. Bandung: Alfabeta.

Thris Setiyawati, Enden Suryani, Rina. 2022. Analisis Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Madrasah Ibtidayah Negeri 9 Hulu Sungai Utara, Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidayah, Cianjur : Vol.6, No.3, H.804.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasonal.
Published
2024-01-24
Abstract viewed = 10 times
PDF downloaded = 4 times