Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah: Solusi Meningkatkan Kompetensi Profesionalitas Guru Ppkn di Dki Jakarta
Abstract
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan melatih keterampilan menulis karya ilmiah serta mensubmit artikel ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi bagi guru PPKN SMP di DKI Jakarta. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat tentang penulisan karya ilmiah bagi guru PPKN SMP tersebut yaitu dalam bentuk penerimaan materi tentang penulisan karya ilmiah, diskusi, dan bimbingan teknis (bimtek) secara langsung tentang menulis artikel ilmiah dan cara mensubmit dalam jurnal nasional terakreditasi. Adapun peserta dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah para guru PPKN SMP di DKI Jakarta sebanyak 30 orang yang tergabung dalam komunitas MGMP guru PPKN SMP DKI Jakarta. Hasil pelatihan penulisan karya ilmiah menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan dan pemahaman peserta dalam memahami tata cara menulis karya ilmiah berupa artikel ilmiah yang disubmit ke jurnal nasional. Keberhasilan tersebut terlihat dari antusias peserta yang sangat baik pada saat pelatihan secara langsung serta adanya beberapa artikel yang sudah siap disubmit ke jurnal nasional terakreditasi.
Kata kunci: Pendampingan, Karya Ilmiah, Kompetensi Profesional.
References
Been, H. A. R. L. S. (2021). Peran, Hak dan Kewajiban Guru Beserta Upaya Peningkatan Profsionalisme Guru. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(2), 1–8.
Brew, A., & Wekke, I. S. (2018). Hakikat Karya Ilmiah (The Nature of Research). Yogyakarta: Deepublish.
Emaliana, I., Rahmiati, I. I., Suwarso, P. N., & Inayati, D. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru MGMP Bahasa Inggris SMA/MA Se-Malang Raya. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 273–279.
Gunawan, G., Hadisaputra, S., Sedijani, P., Suranti, N. M. Y., Nisrina, N., Suhubdy, S., & Yustiqvar, M. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru IPA di Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(4), 442–446. Retrieved from https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3101
Ilfiandra, I., Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati, S. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 70–81. https://doi.org/10.30653/002.201611.10
Japar, M., Fadhilah, D. N., & Syarifa, S. (2020). Pelatihan Penggunaan Google Classroom Dan Kahoot Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Era Digital. Jurnal Karya Abdi, 4(1), 19–27. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/9811
Jazuli, M., Bisri, M. H., & Paranti, L. (2020). Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Semarang. Jurnal Varia Humanika, 1(1), 15–20. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/vh/article/view/35843
Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru (Edisi ke-3). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pahmi, P., Ardiya, A., Syahfutra, W., Wibowo, A. P., Niah, S., & Febtiningsih, P. (2018). Pelatihan Penggunaan Mendeley Untuk Referensi Dalam Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru Sma Handayani Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(2), 35–39. https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i2.849
Pemerintah, P. (2005). Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.
Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Wilayah Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 207–212.
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Ponpes Haramain
Narmada Menuju Jurnal Nasional Terakreditasi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(7), 116–121. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.2221
Sahudra, T. M., Fadlia, F., & Firdaus, C. R. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 3(1), 97–102. https://doi.org/10.35134/jmi.v29i2.121
Sudjarwo, T. (2019). Pemberdayaan dan Penguatan KKG/MGMP melalui Kegiatan Virtual Berkelanjutan. Proceeding The 2nd Annual Conference on Madrasah Teachers (ACoMT), 1–7.
Sulianto, J., Fita, M., Untari, A., Budiman, M. A., Yusuf, M., & Wardana, S. (2019). Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui karya Tulis Ilmiah dan Karya Tulis Populer Bagi Kelompok Kerja Guru Kelas Gugus Joko Tingkir Kota Salatiga. JPKM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 25(1), 54–59.
Sumarni, Prayitno, A. T., & Adiastuty, N. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru SMA Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. AL KHIDMAT : JURNAL ILMIAH PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 3(1), 15–24.
Syamruddin, Irwansyah, Khair, O. I., Fitriansyah, A., Rita, & Regina, T. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel dan Manajemen Jurnal SMP Negeri 10 Kota Depok, Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Society Engagement), 2(1), 14–38. https://doi.org/https://doi.org/10.33753/ijse.v2i1.29.