Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Gallery Walk pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas Viii 1 Smp Negeri 1 Sabbangparu

  • Zakiah Tantu Universitas Puangrimaggalatung Sengkang
  • Muhammad Arafah Universitas Puangrimaggalatung Sengkang
  • Rizal Irfandi Universitas Puangrimaggalatung Sengkang
  • Muhammad Nur Universitas Puangrimaggalatung Sengkang
  • Muh Kemal Nasser P Universitas Puangrimaggalatung Sengkang
  • Muh Kemal Nasser P Universitas Puangrimaggalatung Sengkang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya perhatian siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan hasil belajarnya rendah, hal ini disebabkan kurangnya variasi metode pembelajaran oleh guru. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Gallery Walk pada materi sistem ekskresi manusia siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Sabbangparu. Subyek penelitian ini yaitu keseluruhan siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Sabbangparu Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023 dan dilaksanakan selama 3 kali setiap siklus. Proses pembelajaran setiap pertemuan dirancang dengan menerapkan model pembelajaran Gallery Walk. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar yang dilakukan setiap akhir siklus. Data telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis kuantitatif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes hasil akhir berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II, pada aktivitas siswa dengan nilai rata-rata 60,4% sedangkan siklus II dengan nilai rata-rata 76,6%. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari 38,8% menjadi 88,8%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa menerapkan model pembelajaran Gallery Walk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi sistem ekskresi manusia siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Sabbangparu.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Gallery Walk.

References

Arafah, M., Sahruni, A., & Muhlis, M. (2022). Pengembangan Model Savikir (Somatic, Audiotory, Visualization, Intellectualy, Kinestetic, Improve, Repetition) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas XI. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP), 6(1), 40-55.

Awal, R., & Sari, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Gallery Walk Berbantuan Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa. Bio- Lectura:.6(2),172–182.

Banjarani, T., Putri, A. N., & Hindrasti, N. E. K. (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta (LKS) Berbasis Problem Based
Learning Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 130–139.

Dengo, F. (2018). Penerapan Metode Gallery Walk Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 40–52.

Eriza, Y. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Pkn Siswa Pada Materi Mengenal Rumah Adat Indonesia Dengan Penggunaan Gallery Walk. Journal of Education Informatic Technology and Science, 4(1), 41-50.

Fauzia, N., Agustina, E., & Maisura, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar. Education Enthusiast: Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(3), 235-244.

Hamzah B. Uno dkk. 2014. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional, Jakarta: Bumi Aksara.

Hanizon, W. (2022). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Di Sdn 09 Belakang Balok Bukit tinggi. Ahlussunnah: Journal of Islamic Education, 1(1), 160-186.

Indah, S. R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Gallery Walk
untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri
22 Jakarta. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 6(1), 123-136.

Marteja, S. (2020). Model Pembelajaran Gallery Walk Pada Mata Pelajaran Jurnal Khusus Perusahaan Dagang Di SMAN 1 Rejang Lebong. (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 8(1).

Nisa, A. R. Z., & Qohar, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Gallery Walk Pada Materi Program Linier Untuk Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 4(1), 60-65.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Putri, Natasya, R, S., 2021. Penerapan Model Cooperative Gallery Walk Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 20 Muaro Jambi. Skripsi, tidak diterbitkan. Jambi: UIN Sulthan Thaha Saifuddin.

Ramli, R. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Tentang Perbedaan Iklim Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk di Kelas IV SDN 015/X Kuala Lagan. Journal on Education, 4(2), 619–630.

Rosya, R. N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Subtema Hewan dan Tumbuhan Di Lingkungan Rumahku Melalui Model Kooperatif Tipe Gallery Walk Pada Siswa Kelas IV MI Bina Bangsa Surabaya. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel: Surabaya.

Rubianus, R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 2 Saluputti Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Teorema Phytagoras. Zigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-8.

Sinabariba, R. (2017). Peranan Guru Memilih Model-Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan 2017, 1–10.

Sri Wirdati, dkk. (2013) “Pembelajaran Gallery Walk Berpendekatan Contextual Teaching Learning Materi Sistem Pencernaan di SMA”. (Jurnal Biology Education, Vol.2, No.1

Syahputra, E. 2020. Snowball Throwing Tingkatkan Minat & Hasil Belajar.Sukabumi. Haura Publishing.

Vhalery, R. (2019). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Dengan Tipe Learning Together Pada Aktivitas Belajar Siswa Di SMA Tri Dharma Palembang. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, 9(1), 01.

Yanti, Y., Mahluddin, M., & Ikhtiati, I. (2019). Penerapan Metode Gallery Walk Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Bangun Datar Kelas Iv Di Madrasah Ibtidaiyah Salamah Kota Jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
Published
2023-11-06
Abstract viewed = 12 times
PDF downloaded = 3 times