Peranan Kompetensi Profesional Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Program Sekolah Penggerak di Sma Kabupaten Sarolangun

  • Azwardinsyah Azwardinsyah universitas jambi
  • K A Rahman Universitas Jambi
  • Mulyadi Mulyadi Universitas Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kompetensi profesional guru bimbingan dan konseling dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di Sekolah Mennengah Atas Kabupaten Sarolangun. Dalam menjalankan tugasnya seorang guru bimbingan konseling pada Sekolah Menengah Atas Kabupaten Sarolangun dituntut untuk selalu profesional sehingga bimbingan konseling dapat terlaksana dengan baik. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data-data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru bimbingan konseling pada Sekolah Menengah Atas Kabupaten Sarolangun memiliki latar belakang ilmu yang sesuai dengan bidangnya dan mereka telah melakukan tugasnya dengan baik dan profesional. Dalam menjalankan tugasnya guru bimbingan konseling selalu bertanggung jawab penuh untuk memecahkan berbagai persoalan siswa. Guru bimbingan konseling Sekolah menengah Atas Kabupaten Sarolangun memberikan layanan individu kepada siswa dalam menyelesaikan permasalahan belajar siswa sehingga berbagai masalah belajar siswa dapat teratasi baik.

Kata kunci: Kompetensi Profesional, Bimbingan dan Konseling, Kuriukulum  Merdeka

References

Arikunto, Suharsimi. 2008. Metodelogi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2010. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Baruth, L. G., & Robinson, M. L. (2016). Multiculturalicounseling and psychotherapy: A lifespan approach. Routledge

Firman, F. (2018). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perencanaan Arah Karier Siswa SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang.

Fetra, Bonita, Sumini dan, yani. 2020. Implementasi Kurikulum Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Soedirman. 1(2): 45-53

Gibson, R. L., & Mitchell, M. H. (2011). Guidance and Counseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nursalim, M. (2015). Pengembangan Profesi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Erlangga.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2008 Tanggal 11 Juni 2008.

Satriawan, Galih Ahmad. 2021. Implementasi Kurikulum. Bandung: UPIpress

Shertzer & Stone. (1981). Development and evaluation of an inventory for rating counseling. The Personnel and Guidance Journal, 44(3), 267-276.

Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.
Published
2023-10-10
Abstract viewed = 105 times
PDF downloaded = 102 times