Penerapan Coaching oleh Dosen dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Maningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Palembang

  • Distiliana Disitiliana universitas palembang
  • Heriyah Oktaviani STIT Pagaralam

Abstract

Tujuan penelitian artikel ini untuk mengetahui penerapan metode coaching oleh dosen dalam pembelajaran pendidikan agmaIslam untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa di Universitas Palembang. Penelitian ini bersifat eksperimen yang bersifat kualitatif dengan metode deskriptif, tekhnik yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi dengan bbjek penelitian adalah mahasiswa semester 2 tahun ajaran 2023 kelas B yang berjumlah 11 orang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulka bahwa penerapan coaching dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa sebab melalui coaching mahasiswa mengetahui potensi keagamaan yang ada dalam diri. Coaching juga membuka pikiran mahasiswa bahwsannya pendidikan agama Islam bukan hanya sekedar pengetahuan dan pemahaman suatu ajaran akan tetapi dapat juga dikolaborasikan atau mengikuti perkembangan zaman dalam bentuk modernisasi.

Kata kunci: Coaching, Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar.

References

Distiliana, B. (2023). Buku Ajar Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. Surabaya: Global Pers.

Kisnanto, K. (2018). Perancangan Model Studen Coaching untuk Meningkatkan Motivasi Belajar bagi dosen dan mahasiswa. ENSAINS, 1(2).

Marsabilla, N., Lonika, T., & Baluari, A. (2022). Motivasi Belajar Siswa Jenis Dan Cara Meningkatkannya. Jurnal Of Biology Education And Sciencee, 2(2), 135–140.

Maryati. (2023). Supervisi Akademik Tekhnik Coaching Peningkatan Guru dalam Pembelajaran di Kelas. Lombok: Pusat Pengembangan dan Penelitian Indonesia.

Muhammad, Z. (2015). Pendidikan Agama Islam d Perguruan Tinggi Umum Berbasis Multikulturalisme. Jurnal Nur El-Islam, 2(1).

Muttaqin, M. (2020). Konsep Pendidikan Islam dalam Keluarga Menurut Zakiah Daradjat. AUJIH: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 78–99. https://doi.org/https://doi.org/10.53649/taujih.v2i2.84

Saguni, F., & Amin, S. M. (2014). Hubungan Penyesuain Diri, Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Self Regulation terhadap motivasi Belajar Siswa Kelas Akselerasi SMP Negeri 1 Palu. Jurnal Penelitian Ilmiah, 2(1), 199–233.

Sardirman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: . Raja Grafindo Persada.
Wahyuddin, Achmad, M. Ilyas, M. Saifulloh, Z. M. (2009). Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Gramedia.

Whitmore, S. J. (2019). Coaching for performance: The Principles and Practice of coaching and Laedership. London: Nicolas Brealey Publishing.

Yanuarti, E. (2016). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat Idealisme. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.29240/BJPI.V1I2.108

Yanuarti, E., & Sari, D. P. (2019). Peran Dosen Dalam Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Sarana Literasi Pembelajaran Mahasiswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI).

https://doi.org/10.31539/joeai.v2i2.892
Published
2023-12-31
Abstract viewed = 13 times
PDF downloaded = 5 times