Modernisasi Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia pada Abad 21

  • Sutarto Sutarto Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
Keywords: Modernisasi Pendidikan Islam, Mutu Pendidikan, abad 21

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep modernisasi pendidikan Islam, kualitas pendidikan Islam di abad 21, dan keterkaitan modernisasi pendidikan Islam dengan kualitas pendidikan Islam di Indonesia pada abad ke-21. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. Penelitian ini membahas dan menganalisis suatu tema dengan menggunakan data yang bersumber dari literatur ilmiah berupa buku, artikel jurnal, dan hasil penelitian. Data yang diperoleh dianalisis dengan pendekatan konten analisis dan analisis komparatif kemudian ditarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modernisasi dalam pendidikan Islam berimplikasi terhadap kualitas pendidikan Islam di Indonesia pada abad ke-21. Dengan modernisasi pendidikan Islam, terjadi pengembangan kurikulum, upaya peningkatan kualitas guru, mutu pembelajaran, dan fasilitas pendidikan. Pengembangan pengelolaan sistem pendidikan Islam sejalan dengan tuntutan perkembangan abad ke-21 juga manjadi dasar utama dalam modernisasi pendidikan Islam di Indonesia.

References

Abualrob, M. M. (2019). The role of science teachers in developing the 21st century skills for the elementary school students. Interdisciplinary Journal of Environmental and Science Education, 15(1), e02206.

Ahmad, J., & Manusia, A. P. K. (2018). Paradigma pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah, 3, 320.

Ahyani, H., Permana, D., & Abduloh, A. Y. (2020). Pendidikan Islam dalam Lingkup Dimensi Sosio Kultural di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: journal of Islamic education, 1(2), 273–288.

Al Farabi, M. (2020). Modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia: Kasus Adabiyah School. Islamijah: Journal of Islamic Social Sciences, 1(3), 248–271.

Alam, F. K., & Cahyono, A. E. (2022). Perbandingan Modernisasi Pendidikan Islam Mesir dan Indonesia. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 7(1), 64–73.

Amaliyah, A. R. (2021). Pemikiran Mahmud Yunus (1899–1982) dalam Pembaharuan Pendidikan Islam dan Relevansinya dengan Tantangan Era Industri 4.0.

Arifin, N. (2021). Peninggkatan Mutu Lulusan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(2), 180–192.

Asry, L. (2019). Modernisasi Dalam Perspektif Islam. At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 10(2).

Asy’ari, H. (2015). Perbandingan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008, Standard BANPT dan Total Quality Management di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 141–157.

Aziz, A. (2015). Peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Studi Islam, 10(2), 1–13.

Azra, A. (2019). Pendidikan Islam: Tradisi dan modernisasi di tengah tantangan milenium III. Prenada Media.

Baba, M. A. (2018). Dasar-Dasar dan ruang lingkup pendidikan islam di Indonesia. Jurnal Ilmiah Iqra’, 6(1).

Basinun, B. (2018). Modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia: Respon Muhammadiyah Terhadap Model Pendidikan Barat. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 16(2), 255–275.

Bisri, K. (2021). Potret Pendidikan Di Mesir Dan Pembaharuan Pendidikan Islam Di Pesantren: Seri Antologi Pendidikan Islam. Nusamedia.

Dacholfany, M. I. (2015). Reformasi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Globalisasi. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, 20(1), 173–194.

Daheri, M., & Warsah, I. (2019). Pendidikan akhlak: Relasi antara sekolah dengan keluarga. At-Turats: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 13(2), 1–20.

Daulay, H. H. P. (2019). Pendidikan Islam di Indonesia: Historis dan eksistensinya. Prenada Media.

Daulay, S., & Dalimunthe, R. A. (2021). Modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia (Komparasi Pengalaman Organisasi Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama). Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(2), 125–140.

Destriani. (2022a). Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMKN Negeri 1 Rejang Lebong. International Journal Of Educational Resources, 2(6), 614–630.

Destriani, D. (2022b). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0. INCARE, International Journal of Educational Resources, 2(6), 647–664.

Destriani, Rasmini, Amriyadi, & Jeniati, H. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Pemahaman Literasi Keagamaan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 1–12.

Efferi, A. (2015). Model pendidikan guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. QUALITY, 3(2), 237–256.

Ependi, R. (2019). Modernisasi Pendidikan Islam: Latar Belakang, Cakupan Dan Pola. Jurnal Al-Fatih, 2(1), 79–96.

Ependi, R. (2020). Menakar Permasalahan Pendidikan Islam dalam Presfektif Islam Transitif. Hikmah, 17(1), 34–45.

Fadhli, M. (2017). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215–240.

Firmansyah, A. (2022). Konsep Pendidikan Islam Menurut Mahmud Yunus dan Relevansinya dengan Sistem Pendidikan Nasional [PhD Thesis]. UIN SMH Banten.

Halimi, H. (2019). Pemikiran KH. Ahmad Dahlan Tentang Modernisasi Pendidikan Islam Di Indonesia (Kajian Tokoh) [PhD Thesis]. UIN SMH Banten.

Hamid, A., & Hadi, M. S. (2020). Desain Pembelajaran Flipped Learning sebagai Solusi Model Pembelajaran PAI Abad 21. QUALITY, 8(1), 149–164.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Kepustakaan: Library Research. Literasi Nusantara Abadi.

Hanifah Mardiyah, R., Nurul Fajriyah Aldriani, S., Chitta, F., & Rizal Zulfikar, M. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Hanipudin, S. (2019). Pendidikan Islam di Indonesia dari Masa ke Masa. Matan: Journal of Islam and Muslim Society, 1(1), 39–53.

Hasan, M. (2015). Inovasi dan modernisasi pendidikan pondok Pesantren. KARSA: Journal of Social and Islamic Culture, 23(2), 296–306.

Hawi, A. (2017). Tantangan Lembaga Pendidikan Islam. Tadrib, 3(1), 143–161.

Heriyudanta, M. (2022). Model Modernisasi Pendidikan Islam Di Indonesia. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(2), 189–202.

Irfindari, A. A., Al Jannah, A. A., & Abwi, Z. R. (2021). Perspektif Muhammad ‘Abduh dalam Pembaharuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(08), 1306–1312.

Kurniawan, S. (2019). Tantangan Abad 21 bagi Madrasah di Indonesia. Intizar, 25(1), 55–68.

Matondang, A. (2019). Dampak Modernisasi Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 8(2), 188–194.

Melynia, C., Been, H. A. R. L. S., & Sari, A. P. (2021). Pendidikan dan Modernisasi.
Mubarak, F. (2015). Faktor dan indikator mutu pendidikan islam. Management of Education, 1(1), 10–18.

Munir, M. (2018). Modernisasi Pendidikan Islam dalam Perspektif Nurcholish Madjid. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 202–222.

Musthofa, I. (2019). Modernisasi Pendidikan Islam Pesantren Dalam Tinjauan Filosofis Metodologis. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 127–139.

Nasution, H. (2017). Islam Rasional; Gagasan dan Pemikiran. Mizan.

Nasution, N. A. (2020). Lembaga Pendidikan Islam Pesantren. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 5(1), 36–52.

Nata, A. (2018). Sejarah Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana, 2012). Kencana.

Palahuddin, P. (2018). Modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia Awal Abad Ke-XX: Kasus Muhammadiyah. SANGKéP: Jurnal Kajian Sosial Keagamaan, 1(1), 61–83.

Prayitno, H., & Qodat, A. (2019). Konsep pemikiran fazlur rahman tentang modernisasi pendidikan islam dan relevansinya terhadap pendidikan islam di indonesia. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 30–43.

Priyanto, A. (2020). Pendidikan Islam dalam Era Revolusi Industri 4.0. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2).

Rahman, A. (2017). Reformasi dan Arah Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 75–88.

Rahman, K. (2018). Perkembangan lembaga pendidikan islam di indonesia. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-14.

Rahman, R. (2015). Modernisasi pendidikan Islam awal abad 20 (Studi kasus di Sumatera Barat). Humanus: Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Humaniora, 14(2), 174–182.

Saihu, S. (2018). Modernisasi Pendidikan Islam Di Indonesia. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 1(1), 1-33.

Saputra, P. W., & Gunawan, I. G. D. (2021). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Sebagai Media Komunikasi Dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 4, 84–96.

Satria, R. (2019). Dari surau ke madrasah: Modernisasi pendidikan Islam di Minangkabau 1900-1930 M. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 277–288.

Sihotang, S. A. (2020). Pendidikan Agama Islam Dan Kesehatan Mental Remaja Dalam Pemikiran Zakiah Daradjat (. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Sipuan, S., Warsah, I., Amin, A., & Adisel, A. (2022). Pendekatan Pendidikan Multikultural. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 815. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.815-830.2022

Suwahyu, I. (2022). Telaah Terhadap Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Muhammad Abduh. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 1–8.

Syahminan, S. (2014). Modernisasi Sistem Pendidikan Islam di Indonesia pada Abad 21. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 2(2), 235–260.

Syukri, A., Nuzuar, & Warsah, I. (2019). Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru. Journal of Administration and Educational Management, 2(1), 21–25.
Tafsir, A. (2014). Cakrawala Penididikan Islam. Mimbar Pustaka.

Umar, M., & Ismail, F. (2018). Peningkatan mutu lembaga pendidikan Islam (Tinjauan konsep mutu Edward Deming dan Joseph Juran). Jurnal Ilmiah Iqra’, 11(2).

Usman, A. M., & Umar, M. (2021). Modernisasi Pendidikan Islam; Telaah Pemikiran Muhammad Abduh. Jurnal Ilmiah Iqra’, 15(2), 237–258.

Warsah, I. (2017). Relevansi Relasi Sosial Terhadap Motivasi Beragama Dalam Mempertahankan Identitas Keislaman di Tengah Masyarakat Multi Agama (Studi Fenomenologi di Desa Suro Bali Kepahiang Bengkulu). Jurnal Penelitian Sosial dan Keagamaan, 34(02), 149–177. https://doi.org/10.30631/kontekstualita.v34i02.42

Warsah, I., Morganna, R., Uyun, M., & Afandi, M. (2021). The Impact of Collaborative Learning on Learners’ Critical Thinking Skills. International Journal of Instruction, 14(2), 443–460.

Wijaya, dkk. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(26).

Yanto, M., Warsah, I., Morganna, R., Muttaqin, I., & Destriani. (2022). Intercultural Sensitivity of Educational Management Students as the Future’s Educational Leaders in Indonesia. International Journal of Sociology of Education, 11(3), 263–290. https://doi.org/10.17583/rise.10483

Yuhety, H., Miarso, Y., & Baslemah, A. (2008). Indikator Mutu Program pendidikan Sepanjang Hayat. Jurnal Ilmiah Visi, 3(2), 150–170.

Zakariyah, Z., Arif, M., & Faidah, N. (2022). Analisis Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Abad 21. AT-TA’DIB: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 1–13.

Zed, M. (2018). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Published
2023-12-31
Abstract viewed = 28 times
PDF downloaded = 8 times