Pengaruh Kreativitas dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Pon-Pes Hidayatullah Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2023-2024

  • Sawaludin Rahman UINFAS Bengkulu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI di kelas X, XI dan XII SMA Pon-Pes HidayatullahKota Bengkulu. 2) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelaarann PAI di kelas X, XI dan XII SMA Pon-Pes HidayatullahKota Bengkulu. 3) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada pada mata pelaarann PAI di kelas X, XI dan XII SMA Pon-Pes Hidayatullah Kota Bengkulu. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan  pendekatan  asosiatif.  Pengumpulan  data  penelitian  ini  menggunakan angket dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah 1). Terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas terhadap hasil belajar sebesar 2,053 dengan   tingkat   pengaruhnya   sebesar   27,5%.   2).   Terdapat   pengaruh   yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar sebesar 2,862 dengan tingkat pengaruhnya sebesar 33,2%. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas dan minat belajar terhadap hasil belajar sebesar 13,600 dengan tingkat pengaruhnya sebesar 39,3%.

References

Hidayati, N. B. 2021. Metode Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Menulis Kalimat Bahasa Inggris. Penerbit NEM.

Rosnelli, Y. M., & Darwin, S. Z. Y. 2022. Implementation Of Prototype Curriculum In School. Journal of Positive School Psychology, 4108-4126.

Suhendra, S., Nurbaeti, D., & Gustiawati, S. 2021. Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Tambak, S., Ahmad, M. Y., & Sukenti, D. 2020. Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teacher’Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah). Akademika.

Utami, A. A. W. 2021. Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Map Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Di MIN 15 Jakarta Selatan. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam.
Published
2024-05-26
Abstract viewed = 2 times
PDF downloaded = 1 times