Problematika Guru PAI dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA N 3 Kota Bengkulu

  • Fekri Antoni universitas islam negeri fatmawati sukarno bengkulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Bagaimana problematika guru PAI dalam implementasi kurikulum merdeka di SMAN 3 Kota Bengkulu? 2). Bagaimana solusi dalam mengatasi problematika implementasi kurikulum merdeka dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMAN 3 Kota Bengkulu?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru pendidikan agama islam dan wakil kepala sekolah bagian kurikulum. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan huberman (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Hasil dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa 1). Problematika guru PAI dalam implementasi kurikulum merdeka di SMAN 3 Kota Bengkulu. Pertama, problematika pada perencanaan pembelajaran yaitu guru PAI kesulitan dalam menganalisa capaian pembelajaran, mengubahnya menjadi tujuan pembelajaran dan menyusun alur tujuan pembelajran, serta kesulitan dalam mengembangkannya menjadi modul ajar. Kedua, problematika yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran ialah, guru PAI kesulitan dalam mengubah mindset atau kebiasaan lama dalam proses pembelajaran, serta kesulitan dalam memahami konsep kurikulum merdeka dan menerapkan pembelajaran yang sesuai. Ketiga, problematika yang terjadi dalam evaluasi pembelajaran yaitu guru PAI kesulitan dalam menentukan asesmen yang tepat sesuai tujuan pembelajaran. 2). Solusi yang dilakukan guru pendidikan agama islam untuk mengatasi problematika implementasi kurikulum merdeka di SMAN 3 Kota Bengkulu yaitu dengan mengikuti pelatihan, sosialisasi, yang diadakan oleh pihak sekolah maupun dinas pendidikan, sharing sesama pendidik, dan belajar mandiri.

References

Abdul Majid dan Chaerul Rochman. 2014, Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ade Tutty R. Rossa, dkk. 2023, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Standar Nasional Pendidikan Di Sekolah Menengah Kejuruan, (Jawa Barat: CV Adanu Abimata).

Afi Parnawi, dan Dian Ahmed Ar Ridho. 2023, Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral dan Etika Siswa di Smk Negeri 4 Batam. Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Diri, Vol. 3 No. 1.

Ainia, D. K. 2020, Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, Vol. 3, No. 3.

Akib, Haedar. 2016, Implementasi Kebijakan Program Makassar Tidak Rantasa (MTR) Di Kota Makassar, Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik 6, No. 2.

Ali, M. Makhrus. 2018, pemaknaan agama dan budaya saintifik dalam pembelajaran kurikulum 2013. Ijtima‟iyya, Vol. 11, No. 1.

Al-qur‟an terjemah kementrian agama. Surat Al-imran ayat 164. Jakarta, 2004.

Amelia Arnes, Muspardi & Yusmanila. 2023, Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Oleh Guru PPKn untuk Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka, Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 5 No 1.

Anengsih, Muryani dan Lukmanul Hakim. 2023, Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Sd. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), Vol. 9 No. 1.

Angel Pratycla, dkk., 2023, Analisis perbedaan kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka, JUrnal Pendidikan sains dan computer, Vil. 3, No. 1.

Aprima, D., & Sari, S. 2022, Pendidikan Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 13, No. 1.

Bambang Putra Akbar, Asrin, dan Muhammad Syazali. 2023, Pengelolaan Program Gerakan Literasi Di SDN 1 Bungtiang, Vol. 9, No. 2.

Been, Harun Ar Rasyid Lim Seong. 2021, Peran, Hak, Dan Kewajiban Guru Beserta Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Seri Publikasi Pembelajaran, Vol 1, No 2.

Bungis, M. Burhan. 2011, Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Grup.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah). Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. (Jakarta:2011) Bagian Proyek Peningkatan Wawasan Kependidikan Guru
Agama Jakarta Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Dewi Rahmadayanti, dan Agung Hartoyo. 2022, Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar, Pontianak: Jurnal Basicedu, Vol. 6, No. 4.

Faradilla Intan Sari, Dadang Sunendar & Dadang Anshori. 2023, Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka, Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Vol. 5, No. 1.

Farhan, Ika. 2022, Merdekakan Pikiran Dengan Kurikulum Merdeka; memahami konsep hingga penulisan praktik baik di dalam kelas. Bogor: Lindan Bestari.

Fetra Fetra Bonita Sari, Risda Amini & Mudjiran. 2020, Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Integrated di Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, Vol. 4, No.4.

Halimah, Leli. 2020 Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di Era Globalisasi, Bandung: Refika Aditama.

Halimatussa’diyah. 2020, Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural, Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Hamalik, Oemar. 2008, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamdi, Syahrul. 2022, Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Pedagogik. Susunan Artikel Pendidikan, No.1.

Haniyyah, Zida. 2021, Peran Guru Pai Dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa di Smpn 03 Jombang, Jurnal Studi Kemahasiswaan Vol. 1, No. 1.

Hasanah, Uswatun. Mengenal Kurikulum Merdeka. BPMP Provinsi DKI Jakarta. https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/mengenal-kurikulum-merdeka/. Dikutip pada tanggal 4 April 2023.

Hasibuan, Lias. 2010, Kurikulum dan Pemikiran Pendidikan. (Jakarta: Gaung persada (GP Press).

Helisa, Aminuyati, & Wiyono, H. 2020, Analisis Penggunaan Buku Teks Pada Pembelajaran IPS Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol. 9, No. 9.

Hendra Susanti & Fahriati. 2023, “Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri 5 Padang Panjang,” Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, No. 1.

Hendra Susanti, Fadriati & Iman Asroa. B.S. 2023, Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Smp Negeri 5 Padang Panjang. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan Vol. 3, No. 1.

Hidayat Ulinniam, Barlian, U. C., & Iriantara, Y. 2021, Penerapan Kurikulum Revisi 2013 di Masa Pandem Pada SMK IBS Tathmainul Qullub Indramayu.
Published
2024-05-28
Abstract viewed = 15 times
PDF downloaded = 2 times