Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Lectora Inspire Meningkatkan Hasil Mandarin HSK 3
Abstract
Mandarin berkembang pesat beberapa tahun ini, terutama setelah HSK (汉语水平考试 hàn yǔ shuǐ pínɡ kǎo shì) yang merupakan tes mengukur kemahiran berbahasa mandarin bagi para penutur asing di luncurkan (Julie Yu-Wen Chen, 2022). Sejak diluncurkan tahun 1980, Ujian Standarisasi HSK yang diperuntukan bagi penutur asing memiliki 6 level dimulai dari level dasar yaitu HSK 1 dan HSK 2 , Level menengah HSK 3 dan HSK 4 serta Level tinggi HSK 5 dan HSk 6. HSK 3 yang tergolong tingkat menengah merupakan titik awal kesulitan pembelajarn bagi siswa asing dimana penggunaan bantuan pelafalan mulai dihilangkan. Penelitian akan berfokus kepada analisis kebutuhan dalam proses melakukan pengembangan multimedia interaktif menggunakan aplikasi Lectora Inspire dengan harapan nantinya akan meningkatkan hasil test HSK 3 siswa yang selama ini belajar untuk menempuh test HSK 3. Kemampuan dan kefasihan guru dalam penggunaan peralatan multimedia dan proses pemmbelajaran yang digunakan selama ini berbasis multimedia merupakan fondasi kuat dalam pengembangan produk ke depannya. Kebutuhan siswa yang terbantu pemahamannya dalam pembelajaran HSK 3 menggunakan multimedia interaktif serta meningkatnya motivasi siswa dalam pembelajaran yang menyatakan dengan adanya multimedia interaktif membuat proses pembelajaran lebih menarik dan lebih mudah merupakan motivasi kuat dalam proses pengembangan materi pembelajaran HSK berbasis multimedia interaktif.
References
Hamidah Nursidik, Indah Resti Ayuni Suri, 2018. Media Pembelajaran Interaktif Berbantu Software Lectora inspire. Jurnal Matematika. 1(2). 237-244
Hung, W. (2011). Theory to reality: A few issues in implementing problem-based learning. Educational Technology Research and Development, 59(4), 529-552
Irwan RS Tambunan, Sukarman Purba. (2017). Pengembangan Media Pembelajaan Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Untuk Mata Pelajaran Dasar Dan Pengukuran Listrik Kelas X Di SMK Swasta Imelda Medan. Jurnal Managemen Pendidikan. 9(01)
Julie, Yu-Wen, Chen, 2022. Implementation of the Hanyu Shuiping Kaoshi and its Home Edition During the Covid-19 Pandemic: A Survey of European Test Centres. International Journal of Chinese Education. 1-12
National Bureau of statistics of China. 2023. Cencus Data. http://www.stats.gov.cn/english/Statisticaldata/CensusData/
Peng, Yue & Yan, Wei & Cheng, Liying. (2021). Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK): A multi- level, multi-purpose proficiency test. Language Testing. 38(2). 326-337
Schmidt, Muhammad Wolfgang G. A. (2018). All the Grammar and Language Points For EachOf The Six Levels of the Chinese Language Proficiency Test (HSK). According to theofficial Test Syllabus by Confucius Institute Headquarters (Hanban). A Study andWorkbook, Hamburg, disserta Verlag.
Susanna, Sutini Ibrahim, H. Syahwani Umar. (2013). Pengembangan Multimedia dalam Pembelajaran Bahasa Mandarin untuk Kecakapan Menulis Kosakata di Kelas X Sma. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(08). 02-05.
Trihardini, Ayu, dkk. (2020). Kesetaraan Hanyu Shuiping Kaoshi Level I-IV dengan CEFR pada Keterampilan Berbicara Bahasa Mandarin. Jurnal Cakrawala Mandarin. 4(01). 11-24.
Yang Nadia Miranti, Galih Edy Nur Widyaningsih, Putrie Rahayuningtyas, Wandayani Goeyardi, Sebastian Nugraha Putra, Rosdiana. (2017). Pengembangan Pembelajaran HSK 3 Dengan Menggunakan Perangkat Bergerak Berbasis Android. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1 (01). 23-39
Yunwen Su, Sun-Young Shin. (2015). Test Review: The New HSK. Iranian Journal of Language Testing. 5(02).
Copyright (c) 2023 Chandra Efendi, Fakhili Gulo, Makmum Raharjo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.