Dampak Kebijakan Zonasi di Sekolah SMP (Perspektif Orang Tua dan Evaluasi Implementasi)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki persepsi orang tua terhadap kebijakan zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru SMP Negeri di Kecamatan Selong dan untuk memahami dampak implementasi kebijakan tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus deskriptif pada SMP Negeri di Kecamatan Selong, menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta analisis data melalui reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi orang tua terhadap kebijakan zonasi berhasil menciptakan pemerataan siswa di berbagai jenis sekolah. Awalnya, aturan pemerintah mengurangi jumlah siswa dan menghindari peningkatan yang tidak terkendali. Dampak positif bagi wali murid adalah kemampuan untuk mengontrol anak-anak dengan baik karena dekatnya jarak tempat tinggal, sementara tujuan kebijakan zonasi adalah mencegah kuantitas siswa di sekolah tertentu. Namun, ada dampak negatif, yaitu kekhawatiran orang tua bahwa anak-anak berkompetensi tinggi tidak mendapatkan kesempatan di sekolah favorit, menyebabkan kekecewaan terhadap kebijakan ini yang dianggap mengurangi kualitas pendidikan.
Kata Kunci:, Penerimaan Peserta Didik Baru, Zonasi
References
Bahri, A., Nawir, M., Syakur, A., & Junaidi, J. (2020). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kebijakan Zonasi Sekolah Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kec. Rappocini Makasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(29). https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no29.a2264
Bintoro, R. F. A. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Implementasi Kebijakan Zonasi Sekolah Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tingkat SMA Tahun Ajaran 2017/2018 Di Kota Samarinda. Jurnal Riset Pembangunan, 1(1). https://doi.org/10.36087/jrp.v1i1.26
Dewi, A. A. I. R. M. (2020). Pengaruh Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru Terhadap Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Kertha Negara, 8(5).
Dwi Gustiani, Aufarul Marom, H. N. (2022). Efektivitas Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua dan Papua Barat (Studi di SMA Katolik Pendowo Magelang). Departemen Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro, 5(3).
Ishak, D. C. S. (2020). Evaluasi Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tingkat Sekolah Menengah Atas di Kota Pekanbaru. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 18(2). https://doi.org/10.35967/jipn.v18i2.7829
Ishak, I., Mustami, Muh. K., & Baharuddin, B. (2022). Analisis Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sistem Zonasi di SMP Negeri 2 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Nazzama: Journal of Management Education, 1(2). https://doi.org/10.24252/jme.v1i2.25912
Junaedy, I. K. D., Mardika, I. M., & Yudhiantara, I. M. (2021). Evaluasi Kebijakan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Abiansemal. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, 6(2). https://doi.org/10.22225/pi.6.2.2021.107-115
Junika, T., & Syam, H. (2022). Manajemen Peserta Didik dalam Penerapan Kebijakan Sistem Zonasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Padang Panjang. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (MANAPI), 1(1). https://doi.org/10.31958/manapi.v1i1.6046
Launuha, J., Armin Naway, F., & Suking, A. (2021). Implementasi Sistem Zonasi. Student Journal of Educational Management. https://doi.org/10.37411/sjem.v1i2.945
Mallevi Agustin Ningrum, Suryanti, & Wiryanto. (2022). Penerapan Sistem Zonasi Kebijakan Baru Berdasarkan Perspektif Orangtua Sebagai Upaya Pemerataan Pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2661
Murcahyanto, H. (2023). Penggunaan Media Whatsapp pada Pembelajaran serta Pengaruhnya terhadap Motivasi dan Gaya Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19. Journal of Elementary School (JOES), 6(1), 13–30.
Oktafiana, A., Laksanti, Y. F., & KD, D. S. (2019). Implementasi Kebijakan Pemerintah Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Berdasarkan Sistem Zonasi Di Indonesia. Jurnal Ilmu Politik Dan Pemerintahan, 5(2). https://doi.org/10.37058/jipp.v5i2.1410
Permendikbud. (2018). UU NO 14 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru. In Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Rahmawati, A., & Muflhatin, M. (2019). Komunikasi dalam Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru(PPDB) Zonasi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kabupaten Kediri. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.26740/jdmp.v3n1.p56-61
Safitri, M. A., & Yusran, R. (2021). Evaluasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan Sistem Zonasi pada SMA Negeri di Kota Padang. Journal of Civic Education, 4(1). https://doi.org/10.24036/jce.v4i1.436
Santoso, N. E., & Ambarwati, S. (2020). Implementasi Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Siswa Papua dan Papua Barat di SMK Negeri 2 Jember. Prosiding National Simposium & Conference Ahlimedia, 1(1). https://doi.org/10.47387/nasca.v1i1.23
Syusilayarni, S., Isjoni, I., & Azhar, A. (2021). Analisis Penerapan Sistem Zonasi Pada Penerimaan Peserta Didik Baru di SMP Negeri Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Jurnal Jumped (Jurnal Manajemen Pendidikan), 9(1). https://doi.org/10.31258/jmp.9.1.p.67-81
Widayanti, R. S. (2022). Manajemen Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua-Papua Barat dan Repatriasi Pada Sekolah Mitra di Daerah Istimewa Yogyakarta. Media Manajemen Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.30738/mmp.v4i2.10039
Copyright (c) 2024 Rita Kartika Murni, Hartini Haritani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.