Analisis Konsep Asesmen Ranah Kognitif Pada pokok Bahasan IPA Siswa MI Quraniah 8 Palembang
Abstract
Instrumen asesmen adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data atau informasi untuk mengungkap kondisi subjek yang akan diases atau dinilai. Ranah kognitif adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Dalam ranah kognitif itu terdapat enam aspek atau jenjang proses berfikir, mulai dari terendah sampai dengan jenjang yang paling tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Konsep Asesmen pada Ranah Kognitif Pokok Bahasan IPA. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian Kualitatif. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Konsep Asesmen pada Ranah Kognitif Pokok Bahasan IPA dapat menjadikan siswa mampu bersikap ilmiah dalam memecahkan masalah- masalah yang dihadapi.
Kata Kunci: Asesmen, IPA, Ranah Kognitif.
References
Amalia Yunia Rahmawati. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif (Vol. 5, Issue July).
Gunawan, I., & Paluti, A. R. (2017). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif. E-Journal.Unipma, 7(1), 1–8. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE
Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596
Jannah, I. K., Mahanal, S., & Mashfufah, A. (2023). Analisis Tingkat Kognitif Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester I (ASAS I) IPA Berbasis Jenis Soal AKM berdasarkan Taksonomi Bloom di Kelas V SD Swasta Kota Malang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 806–810. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1633
Mustari, M. (2016). Pengembangan Instrumen Ranah Kognitif pada Pokok Bahasan Fluida Statis SMA/MA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 121–130. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.112
Nurjanah, S. (2021). Objek Asesmen Dalam Perspektif Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 85–91. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i2.3607
Prabowo, C. A., & Widodo, W. (2018). Mengukur Tingkat Perkembangan Kognitif Siswa Sekolah Dasar dalam Bidang Sains menggunakan Tes Kemampuan Penalaran Ilmiah Determining
Elementary Students’ Cognitive Development Levels in Science Using Scientific Reasoning Skills Test. 15(2004), 69–73.
Prasetyo, E., Program, W., Pendidikan, S., Sekolah, G., Universitas, D., Satya, K., & Salatiga, W. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 4 Sd. Pionir Jurnal Pendidikan, 9(2), 162–182.
Putri, H., Susiani, D., Wandani, N. S., & Putri, F. A. (2022). Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif pada Tes Uraian dan Tes Objektif. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), 139–148. https://doi.org/10.36232/jurnal pendidikan dasar.v4i2.2649
Rosyidi, D. (2020). Teknik dan Instrumen Asesmen Ranah Kognitif. Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah, 27(1), 1–13. https://doi.org/10.52166/tasyri.v27i1.79
Rusilowati, A. (2013). Psikologi Kognitif Sebagai Dasar Pengembangan Tes Kemampuan Dasar Membaca Bidang Sains. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 13(2), 286–303. https://doi.org/10.21831/pep.v13i2.1414
Rustaman, N. (2007). Asesmen Pendidikan IPA. Diklat NTT04, 1–7.
Silverius, S. (2010). Kontroversi Ujian Nasional Sepanjang Masa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(2), 194–205. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i2.446
Soares, S. (2015). Pelaksanaan Asesmen Pelajaran IPS, 151, 10–17.
Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154
Copyright (c) 2023 Kharisma Lujeng Lestari, Shaleh Shaleh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.