Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Berbasis Podcast Kisah Nabi Muhammad SAW untuk Mengembangkan Kemampuan Menyimak pada Anak Usia Dini

  • Wida Herlina Universitas Sriwijaya
  • Syarifuddin Syarifuddin Universitas Sriwijaya
  • Windi Dwi Andika Universitas Sriwijaya

Abstract

Pendidikan anak usia dini berfungsi membina, menumbuhkan, dan mengembangkan seluruh potensi anak usia dini secara optimal sehingga terbentuk perilaku dan kemampuan dasar sesuai dengan tahap perkembangannya, masa usia dini merupakan kunci dasar yang krusial dalam mengembangkan kepribadian, karakter, fisik, emosi, sosial, bahasa, kemampuan otak, dan seni. Pengembangan potensi ini dapat dilakukan dengan memberikan cerita atau kisah nabi dan sahabat sebagai contoh konkret yang dapat berpengaruh terhadap perkembangan saraf otak, kemampuan berbahasa, komunikasi dan konsentrasi anak. hal ini segi emosional, anak akan terbiasa mendengarkan contoh-contoh baik yang diteladani nabi, seperti sikap jujur, amanah dan sabar.pembelajaran harus mampu mengembangkan situasi belajar yang mandiri, pembelajaran harus mampu secara intensif memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai sumber belajar melalui media dan komunikasi salah satunya audio. Salah satu perkembangan teknologi berbasis podcast.. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan peserta didik dan sekolah terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis podcast pada kisah nabi muhammad SAW dalam meningkatkan kemampuan menyimak anak usia dini  Tahap pertama yang dilaksanakan dalam penelitian ini yaitu tahap Analisis  merupakan tahapan awal yang  berisi kegiatan observasi dan wawancara serta pengisian angket oleh guru. seluruh kegiatan tersebut bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran yang dilaksanakan sehingga peneliti dapat menganalisis  permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran, serta bagaimana kebutuhan penggunaan bahan ajar dan media pembelajaran.. Angket kebutuhan tersebut dapat menjadi tolak ukur dalam menyusun bahan ajar. Hasil analisis kebutuhan guru dan siswa KB Islam Terpadu Tazkiyya menunjukkan bahwa media podcast memang diperlukan dalam proses pembelajaran kisah Nabi Muhammad SA  dan 90% siswa menyatakan tertarik dan ingin menggunakan menggunakan berbasis podcast dalam proses pembelajaran, sehingga pengembangan multimedia berbasis podcast  perlu dikembangkan

References

Afniida, M., & Suparno, S. (2020). Liiteirasii dalam Peindiidiikan Anak Usiia Diinii: Peirseipsii dan Praktiik Guru dii Praseikolah Aceih. Jurnal Obseisii : Jurnal Peindiidiikan Anak Usiia Diinii, 4(2), 971. https://doii.org/10.31004/obseisii.v4ii2.480

Asmii, A. R. (2019). Peingeimbangan Meidiia Peimbeilajaran Audiio beirbasiis Podcast pada Mateirii Seijarah Lokal dii Sumateira Seilatan. Hiistoriia: Jurnal Peindiidiik Dan Peineiliitii Seijarah, 3(1), 59–66. https://doii.org/10.17509/hiistoriia.v3ii1.21017

Asmii, A. R., Dhiita, A. N., & Supriiyanto. (2019). Peingeimbangan Meidiia Peimbeilajaran Audiio Beirbasiis Podcast. HIiSTORIiA: Jurnal Peindiidiik Dan Peineiliitii Seijarah, 3(1), 3(1), 49–56.

Arsyad, Azhar,Beirbagaii Peindeikata Dalam Prosei Beilajar Meingajar (Jakarta: PT. Bumii Aksara, 2013), 2. 21 Meidiia Peimbeilajaran (Jakarta: PT.Rajagrafiindo Peirsada)

Bolliigeir, Supawan, & Chriistiinei. (2010). Iimpact of Podcastiing on Studeint Motiivatiion iin Thei Onliinei Leiarniing Einviironmeint. Computeirs Eiducatiion., 55, 714 – 722.

Busyra, S., & Aziizah, N. (2022). Urgeinsii Kiisah Nabii Teirhadap Peindiidiikan Anak Usiia Diinii. Al-Aufa: Jurnal Peindiidiikan Dan Kajiian Keiiislaman, 3(1), 29–41. https://doii.org/10.32665/alaufa.v3ii1.1199

Eidiiriisiingha, P., Riizzii, C., Niiei, M., & Rothweill, L. (2007). Podcastiing to proviidei teiachiing and leiarniing support for an undeirgraduatei modulei on eingliish languagei and communiicatiion. Turkiish Onliinei Journal of Diistancei Eiducatiion, 8(3), 87–107.

Fadiilah, Ei. (2017). Podcast seibagaii Alteirnatiif Diistriibusii Kontein Audiio. Kajiian Jurnaliismei., 1(1), 90-104.

Gameilly, R., & Hasannah, U. (2019). Eifeiktiiviitas Meitodei Meindongeing Dalam Meiniingkatkan Keimampuan Liiteirasii Diinii Anak Praseikolah,. Jurnal PsiikoBorneio, Uniiveirsiitas Mulawarman Samariinda, 7(3), 361.

Kaseimiin, K. (2015). AGREiSIi PEiRKEiMBANGAN TEiKNOLOGIi IiNFORMASIi. PT Fajar Iinteirpratama Mandiirii.

Kriistanto, A. (2016). Meidiia Peimbeilajaran. Biintang Sutabaya, 1–129.

Laiila, D. (2020). Iinovasii Peirangkat Peimbeilajaran Meinggunakan Apliikasii Podcast. Prosiidiing Seimiinar Nasiional PBSIi-IiIiIi, 2015, 7–12. http://diigiiliib.uniimeid.ac.iid/41213/1/Fullteixt.pdf

Leistarii, Y. A. (2021). PEiNANAMAN NIiLAIi KARAKTEiR MEiLALUIi MEiTODEi BEiRCEiRIiTA KIiSAH NABIi DAN RASUL PADA ANAK USIiA DIiNIi DIi RA AS-SUNNAH NW PEiNDEiM TAHUN PEiLAJARAN 2020/2021. Iin Papeir Knowleidgei . Toward a Meidiia Hiistory of Documeints. UIiN Mataram.
Published
2024-02-06
Abstract viewed = 14 times
PDF downloaded = 21 times