Pendidikan dalam Penguatan Profil Pancasila di Sekolah Melalui Perspektif Progresivisme
Abstract
Pendidikan memiliki peran sentral dalam membentuk karakter dan nilai-nilai masyarakat. Indonesia sebagai negara berlandaskan Pancasila memiliki tanggung jawab untuk mengintegrasikan nilai-nilai luhur tersebut melalui pendidikan. Salah satu pendekatan yang menarik adalah progresivisme, yang menekankan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Perspektif progresivisme menawarkan pendekatan yang memberdayakan siswa untuk mengembangkan kreativitas, pemikiran kritis, dan partisipasi aktif. Konsep ini sejalan dengan nilai-nilai Pancasila, yang tidak hanya ingin menciptakan siswa yang cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter kuat dan moralitas yang tinggi. Penelitian ini mengeksplorasi potensi penguatan profil Pancasila melalui perspektif progresivisme. Dalam penelitian ini, studi kepustakaan digunakan untuk mengumpulkan data dari buku, jurnal penelitian, berita, dan artikel online. Teknik pengumpulan data ini didokumentasikan dan dianalisis melalui metode analisis isi, yang digunakan untuk menghasilkan kesimpulan yang dapat diterima dan dapat diteliti ulang sesuai konteksnya. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil langkah-langkah berikut. 1. Menyediakan peralatan, 2. Membuat bibliografi kerja, 3. Mengatur waktu, dan 4. Membaca dan membuat catatan penelitian. Hasil penelitian ini menyajikan pandangan holistik terhadap pendidikan dalam memperkuat profil Pancasila melalui perspektif progresivisme. Dengan memahami potensi dan tantangan, diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan sistem pendidikan yang lebih adaptif dan sesuai dengan nilai-nilai keindonesiaan..
Kata kunci: Pendidikan, Profil Pancasila, Progresivisme
References
Devina. 2021. “Experiential Learning: Metode Pembelajaran Berbasis Pengalaman.” Gramedia. Retrieved (https://www.gramedia.com/best-seller/experiential-learning/).
Fadlillah, M. 2017. “ALIRAN PROGRESIVISME DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA.” Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran 5(1):17–24.
Juliani, Asarina Jehan, and Adolf Bastian. 2021. “PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA WUJUDKAN PELAJAR PANCASILA.” Pp. 257–65 in PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.
Kemdikbud. 2023. “Pengertian Profil Pelajar Pancasila.” Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. Retrieved (https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/14145044257945-Pengertian-Profil-Pelajar-Pancasila).
Meilina, Agnes. 2021. “Pelajar Pancasila: Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sesuai Prinsip Profil Pelajar Pancasila.” Kejarcita. Retrieved (https://kejarcita.id/pelajar-pancasila-mengembangkan-keterampilan-berpikir-kritis-siswa-sesuai-prinsip-profil-pelajar-pancasila/).
Meliniasari, Fitri, Sudjarwo, and Tri Jalmo. 2023. “Filsafat Aliran Progresivisme Dan Perspektifnya Terhadap Pembelajaran IPA Pada Kurikulum Merdeka.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8(1):204–9.
Mubin, Achmad. 2023. “Profil Pelajar Pancasila: Membangun Kreativitas Untuk Solusi Orisinal Dan Bermakna.” Catatan Fakta. Retrieved (https://www.catatanfakta.com/edukasi/8099959126/profil-pelajar-pancasila-membangun-kreativitas-untuk-solusi-orisinal-dan-bermakna?page=2).
Mustaghfiroh, Siti. 2020. “Konsep ‘Merdeka Belajar’ Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey.” Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 3(1):141–47.
Muthalib, Abdul. 2022. “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Landasan Pendidikan.” Matabanua. Retrieved (http://matabanua.co.id/2022/06/27/profil-pelajar-pancasila-sebagai-landasan-pendidikan/).
Nadiah, Leni, Dinie Anggraeni Dewi, and Yayang Furi Furnamasari. 2021. “Pendidikan Karakter Bangsa Yang Berlandaskan Pancasila.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(3):7875–83.
Peraturan Republik Indonesia. 2020. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020–2024.”
Qurainiaulia, Nurul. 2023. “Membangun Profil Pelajar Pancasila Berbasis Kearifan Lokal.” Kompasiana. Retrieved (https://www.kompasiana.com/nurul60724/6485422d4addee34957d0903/membangun-profil-pelajar-pancasila-berbasis-kearifan-lokal).
Salu, Vega Ricky, and Triyanto. 2017. “Filsafat Pendidikan Progresivisme Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Seni Di Indonesia.” Jurnal Imajinasi 11(29–42).
Santika, Rani, and Febrina Dafit. 2023. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(6641–6653).
Sari, Herlini Puspika. 2023. “Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar Menurut Aliran Filsafat Progresivisme.” El-Ibitadiy : Journal of Primary Education 6(2):1–11.
Satria, Rizky, Pia Adiprima, Kandi Sekar Wulan, and Tracey Yani Harjatanaya. 2022. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA.
Slamet Rohmadi. 2022. “Dimensi Kebhinekaan Dalam Profil Pelajar Pancasila Menumbuhkan Semangat Toleransi Di Institusi Pendidikan.” Berita Magelang. Retrieved (http://beritamagelang.id/kolom/dimensi-kebhinekaan-dalam-profil-pelajar-pancasila-menumbuhkan-semangat-toleransi-di-institusi-pendidikan).
Tria, Kormila. 2021. “Pengertian Filsafat Pendidikan Progresivisme.” Kompasiana. Retrieved (https://www.kompasiana.com/kormilatria/5eb67a4fd541df5ea63f5b42/pengertian-filsafat-pendidikan-progresivisme).
Wikandaru, Reno. 2020. “ALIRAN PENDIDIKAN PROGRESIVISME DAN KONTRIBUSINYA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN PANCASILA DI INDONESIA.” Nalandaru. Retrieved (https://wikandaru.staff.ugm.ac.id/2020/06/12/aliran-pendidikan-progresivisme-dan-kontribusinya-dalam-pengembangan-pendidikan-pancasila-di-indonesia/).
Copyright (c) 2023 I Gusti Ayu Ngurah Kade Sukiastini, I Wayan Suastra, Ananta Wikrama Tungga Atmaja
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.