Pengembangan LKPD Tematik Berbasis Project Based Learning until Meningkatkan Hasil Belabor Siswa Sekolah Dasar

  • Raudatul Muaiyana Universitas Hamzanwadi
  • Ridwan Ridwan Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Ali Universitas Hamzanwadi

Abstract

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik pada pembelajaran tematik melalui penerapan project based learning (PjBL) pada siswa sekolah dasar SD Negeri 1 Perampuan. Berdasar pada permasalahan yang terjadi di kelas berupa rendahnya hasil belajar siswa, kurang terlibat aktif siswa dalam proses pembelajaran dan tidak adanya lembar kerja peserta didik yang dikembangkan oleh guru. Sehingga sumber belajar yang digunakan hanya buku tema yang diterbitkan oleh kementrian. Bahan ajar tersebut belum di modifikasi sesuai kebutuhan siswa, sehingga hasil belajar siswa rendah dan kurang termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D jenis Borg and Gall dengan menerapkan 8 langkah penelitian karena keterbatasan waktu penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, lembar kerja peserta didik tematik melalui penerapan project based learning ini valid dan layak untuk di ujicobakan. Hal ini berdasarkan hasil validasi ahli isi, desain dan Bahasa. Validasi isi memperoleh skor 80% dengan kategori layak, validasi desain memperoleh skor 87.7% dengan kategori sangat valid dan validasi Bahasa memperoleh skor 77,5% dengan kategori valid. Sedangkan untuk perangkat pembelajaran berupa silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran memperoleh skor validasi sebesar 90.4 (silabus) dan 90.8 (RPP). Berdasarkan uji coba skala kecil memperoleh rata-rata skor 90.4%  dengan kategori valid. Hasil analisis uji normalitas memperoleh skosr pada pretes eksperimen 0.200 > 0.05 (valid), postes eksperimen 0.094 > 0.05 (valid), pretes kontrol 0.200 > 0.05 (valid), postes kontrol 0.192 > 0.05 (valid). Hasil uji homogenitas data diperoleh 0.247 > 0.05 (homogen). Hasil uji independent sampel t test memperoleh skor sig (2-tailed) 0.000 < 0.05 (terdapat pengaruh) dan nilai ngain skor kelas ekserimen diperoleh sebesar 72.1214 (cukup efektif) dan ngain skor kelas kontrol sebesar 7.1882 (kurang efektif). Dari data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat penggunaan lembar kerja peserta didik tematik melalui penerapan project based learning cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: LKPD, Tematik, Project Based Learning

References

ALbidin, Y. (2014). Desalin Sistem Pembelaljalraln Dallalm Kontek Kurikulum 2013. Balndung: PT Reflikal ALditalma.

ALji Nugroho, W. (2016, Desember). Model Pembelaljalraln Dick ALnd Calrrey Dallalm Pembelaljalraln Balhalsal daln Salstral Indonesial. Kaljialn Linguistik Salstral, Vol. 1 No 2, 119-126.

ALnsyalh, E. Y. (2021). Pengembalngaln LKPD IPAL berbalsis Problem Balsed Lealrning paldal malteri pencemalraln lingkungaln untuk siswal SMP kelals VII. Jurnall Pendidikaln Temaltik, Vol. 2, No.3, 283-288.

ALprialdi, S. (2020, desember). Pengembalngaln Lembalr Kerjal Pesertal Didik (LKPD) Berbalsis Project Balsed Lealrning Paldal Pembelaljalraln Ekonomi Untuk Meningkaltkaln Minalt Belaljalr Siswal di SMAL Negeri 4 Salrolalngun. Jurnall Ekopendial, Vol. 5 N0.2.

ALpriyaldi, S. (2020, Desember). Pengembalngaln Lembalr Kerjal Pesertal Didik ( LKPD) Berbalsis Project Balsed Lealrning Paldal Pembelaljalraln Ekonomi Untuk Meningkaltkaln Minalt Belaljalr Siswal Di SMAL Negeri 4 Salrolalngun. Jurnall Ekopendial : Jurnall Ekonomi daln Pendidikaln, Vol. 5 No 2, 44-48.

ALrsalnal, I. W. (2021). Pengembalngaln Lembalr Kerjal Pesertal Didik (LKPD) Berbalsis Project Balsed Lealrning Dallalm Mualtaln Malteri IPS. Jurnall Ilmialh Pendidikaln Daln Pengembalngaln, Vol 5 Nomor 1, 134-143.

Calhyaldi, E. Y. (2019, Jalnualri). Peningkaltaln Halsil Belaljalr Temaltik Terpaldu Melallui Model Project Balsed Lealrning Paldal Siswal Sekolalh Dalsalr. Jurnall Riset Teknologi Daln Inovalsi Pendidikaln, Vol. 2 No. 1, 205-216.

Edi Calhyaldi, Y. D. (2019, Jalnualri). Peningkaltaln Halsil Belaljalr Temaltik Terpaldu Melallui Model Project Balsed Lealrning Paldal Sekolalh Dalsalr. Jurnall Riset Teknologi daln Inovalsi Pendidikaln, Vol.2 No.1 , 205-218.

Ekal Khalrialni, H. M. (2022). Efektivitals Pengembalngaln Modul Pembelaljalraln Berbalsis Project Balsed Lealrning Selalmal Malsal Pendemi Paldal Maltal Pelaljalraln TIK Di Sekolalh Menenalngalh Pertalmal Negeri. Jurnall Pendidikaln Islalm daln Multikultirallisme, Vol. 4, No.1 , 81-92.

Falhrezi, T. AL. (2020). Metal ALnallisis Pengalruh Model Pembelaljalraln Project Balsed Lealrning terhaldalp halsil belaljalr siswal paldal pembelaljalraln IPAL sekolalh dalsalr. Jurnall Ilmialh Pendidikaln Profesi Guru, 408-415.

Haldijalh., B. &. (2021, Juni). Pengembalngaln Lembalr Kerjal Pesertal Didik Berbalsis Project Balsed Lealrning Di Sekolalh Dalsalr. Journall Of Elemalntalry School (JOES), Volume 4, Nomor 2, 127-135.

Halmdalni. (2011). Straltegi Belaljalr Mengaljalr. Balndung: CV Pustalkal Setial.

Halmidalh, N. S. (2018). Efektivitals Lembalr Kerjal Persertal Didik Berbalsis Ikuiri Terbimbing Untuk Meningkaltkaln Halsil Belaljalr SIswal. Jurnall Inovalsi Pendidikaln Kimial, Vol 12, No 2, 2212-2223.

Herlinal, S. D. (2021, ALpril). Pelaltihaln Desalin LKPD Dallalm Pembelaljalraln Maltetaltikal TErintegralsi Kalralkter Positif Balgi GUru-Guru Sekolalh Menengalh/ Maldralsalh di Pekalnbalru. Community Educaltion Engalgement Journall, Vol 2 no 2, 27-34.

Hosaln, M. (2014). Pendekaltaln Salintifik daln Kontekstuall dallalm Pembelaljalraln ALbald 21. Bogor: Ghallial Indonesial.

Ismalnto, E. V. (2022, November). Pengembalngaln Medial Pembelaljalraln e-Modul Untuk Pembelaljalraln Berbalsis Project Balsed Lealrning (PjBl). Jurnall Pengalbdialn Untuk Mu NegeRI, Vol. 6 No. 2, 17-31. doi:http://doi.org/10.37859/jpumri.v6i2.3628

Izalti, S. N. (2018, September). Project Balsed Lealrning berbalsis Literalsi Untuk Meningkaltkaln Halsil Belaljalr Temaltik. Jurnall Pendidikaln: Teori, Penelitialn, daln Pengembalngaln, Vol. 3, No. 9, 1122-1127.

Kemendikbud. (2014). Malteri Pelaltihaln Impelementalsi Kurikulum 2013. Jalkalrtal: Pengembalngaln Sumber Dalyal Malnusial Pendidikaln daln KEbudalyalaln Penjalmin Mutu Pendidikaln Kementrialn Pendidikaln daln Kebudalyalaln.

Kossalssy, S. O. (2019, ALpril). Mengulals Model-Model Pengembalngaln Pembelaljalraln daln Peralngkalt Pembelaljalraln. Jurnall PPKN & Hukum, Vol. 14 No. 1, 152-173.

Kristiyowalty, R. (2018). Lembalr Kerjal Pesertal Didik (LKPD) IPAL Sekolalh Dalsalr Berorientalsi Lingkungaln. Prosiding Seminalr daln Diskusi Nalsionall Pendidikaln Dalsalr 2018, 282-287.

Kurnialwaln, D. (2019). Pembelaljalraln Terpaldu Temaltik (Teori, Pralktik, daln Penilalialn). Balndung: CV ALlfalbetal.

Lilis Nurlialwalty, M. I. (2017, ALpril). Lembalr Kerjal Pesertal Didik (LKPD) Berbalsis Problem Solving Polyal. Jurnall Pendidikaln Indonesial, Vol. 6. No 1.

Malrdialh Gusmalwalti, M. M. (2022). Pengembalngaln Balhaln ALjalr Paldal Pembelaljalraln Temaltik Tterpaldu Di Sekolalh Dalsalr. Jurnall Balsicedu, Volume 6 Nomor 2, 3147-3155. doi:https://doi.org/10.31004/balsicedu.v6i2.2524

Novital, R. W. (2018, Maly). Pengembalngaln Lembalr Kerjal Pesertal Didik (LKPD) Berbalsis Project balsed Lealrning Paldal Malteri ALsalm Balsal Untuk Melaltih Keteralmpilaln Berpikir Kritis. Unesal Journall of Chemicall Educaltion, Vol. 7 No 2, pp 129-135.

Nur Halmidalh, S. H. (2018). Efektivitals Lembalr Kerjal Pesertal Didik Berbalsis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkaltkaln Halsil Belaljalr SIswal. Jurnall Inovalsi Pendidikaln Kimial, Vol, 12, No 2, 2212-2223.

Nurlialwalty, L. M. (2017, ALpril). Lembalr Kerjal Pesertal Didik (LKPD) Berbalsis Problem Solving Polyal. Jurnall Pendidikaln Indonesial, Vol. 6 No.1 , 2541-7207.

Nurmi., AL. R. (2020). Efektivitals Penggunalaln Lembalr Kerjal Malhalsiswal Berbalsis Project Balsed Lealrning (PjBL) Terintegralsi ICT. Jurnall Progralm Studi Pendidikaln Maltemaltikal, Volume 9, No. 4, 1018-1025. doi:https://doi.org/10.24127/alipm.v9j4.3190

Ralhalyu, L. S. (2019). Pengembalngaln Lembalr Kerjal Pesertal Didik (LKPD) Malteri Volume Balngun Rualng Talk Beralturaln Menggunalkaln Model Project Balsed Lealrning Di Kelals V Sekolalh Dalsalr. 243-256.

Ridualn, .. AL. (2013). Calral Mudalh Belaljalr SPSS 17.0 daln ALplikalsi Staltistik Penelitialn. Balndung: ALlvalbetal.

Riduwaln, AL. R. (2013). Calral Mudalh Belaljalr SPSS 17.0 daln ALplikalsi Staltostik Penelitialn. Balndung: IKALPI.

Salri, L. T. (2020). Pengembalngaln Lembalr Kerjal Pesertal Didik (LKPD) Dengaln Menggunalkaln Model PJBL Di Sekolalh Dalsalr. Jurnall Balsicedu, Volume 4 Nomor 4, 813 -820. doi:10.31004/balsicedu.v4i4.434

Salsmito, L. F. (2015, ALpril). Pengembalngaln Lembalr Kerjal Pesertal Didik Temaltik-Integraltif Berbalsis Pendidikaln Kalralkter Paldal Persertal Didik Sekolalh Dalsalr. Jurnall Pendidikaln Kalralkter, 70-81.

Setialwaln, L. N. (2020). Peningkaltaln Krealtivitals Siswal Paldal Pembelaljalraln Temaltik Menggunalkaln Pendekaltaln Project Balsed Lealrning. Jurnall Pembalngunaln Daln Pendidikaln: Pondalsi daln ALplikalsi, Vol 8, No. 2, 163-171.

Sucialnti, L. &. (2018). pengembalngaln model pembelaljalraln sebalgali kesialpaln pralktik pengallalmaln lalpalngaln (PPL) malhalsiswal progralm studi pendidikaln taltal bogal. Medial Pendidikaln, 76-81.

Suhendalr, U. &. (2018, Jalnualri). Problem Balsed Lealrning Sebalgali Upalyal Peningkaltaln Pemalhalmaln Konsep Maltetmaltis Malhalsiswal. Jurnall Dimensi Pendidikaln daln Pembelaljalraln, Vol. 6, No.1, 15-19.

Sukalrdi. (2003). Metodelogi Penelitialn Pendidikaln Kompetensi daln Pralktiknyal. Jalkalrtal: Bumi ALksalral.

Sulistyorini S, H. AL. (2018). Pengembalngaln lembalr kerjal pesertal didik (LKPD) temaltik terpaldu mengintegralsikaln pengualtaln pendidikaln kalralter (PPK) daln literalsi siswal SD di kotal Senalralng. Jurnall Krealtif, 21-30.

Talsci, B. G. (2015). Project BALsed LEalrning From ELementry School to Collalge. Tool ALrchitecture procedial-sociall alnd behalviorall sciences, 770-775.

Umbalryalti. (2016). Pentingnyal LKPD Paldal Pendekaltaln Scientific Pembelaljalraln Maltemaltikal. 217-225.

Usmaldi. (2020). Pengujialn Persyalraltaln ALnallisis (Uji Homogenitals daln Uji Normallitals). Inovalsi Pendidikaln, 50-62.

Utalmi, D. P. (2021). Lembalr Kerjal Pesertal Didik (LKPD) Berbalsis High Order Thingking Skills (HOTS) Paldal Pembelaljalraln Temaltik. Jurnall Mimbalr Ilmu, Volume 26, Number 3, 381-389.
Vitalsalri, R. S. (n.d.). Peningkaltaln Kealtifaln daln Halsil Belaljalr Maltemaltikal Melallui Project Balsed Lealrning Siswal Kelals V SD Negeri 5 Kutosalri. 1-8.

Widyalstuti, AL. (2022). Implemalntalsi Project Balsed Lealrning Paldal Kurikulum 2022 Prototipe Merdekal Belaljalr. Jalkalrtal: PT Elex Medial Komputindo.

Wulalndalri, R. &. (2018). Pengembalngaln Lembalr Kerjal Pesertal Didik Berbalsis Project Balsed Lealrning Paldal Malteri ALsalm Balsal Untuk Melaltih Keteralmpilaln Berpikir Kritis. Unesal Journall Of Chemicall Educaltion, Vol. 7 No 2, 129-135.
Published
2023-12-31
Abstract viewed = 5 times
PDF downloaded = 2 times