Implementasi Pemanfaatan E-Learning dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Mahasiswa di Universitas Terbuka Cabang Hongkong

  • Sri Hartati SS Universitas Terbuka

Abstract

Riset “Implementasi Tingkat Pemanfaatan E-Learning dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Mahasiswa di Universitas Terbuka Cabang Hongkong”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan implementasi pemanfaatan e-learning dalam memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa UT cabang Hongkong serta untuk mengetahui apakah mahasiswa di Hongkong memanfaatkan e-learning dalam memenuhi kebutuhan informasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan wawancara pertanyaan, melalui letting 2020 sampai 2023. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu data primer dari lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan, dari tingkat pemanfaatan e-learning mahasiswa hampir sama melalui tahapan usability pembelajaran, informasi yang mereka dapatkan mulai dari cara pemakaiannya, pemanfaatannya, penggunaan, kenyamanannya, hingga sampai kepada kendala masing-masing. Terdapat lima komponen usability (alatukur) yang dikemukakan oleh Nielsen, tahapan itu meliputi: Liarnability, Efficiency, Memorability, Errors, Satisfaction. Sejauh ini dapat disimpulkan bahwa e-learning tersebut dimanfaatkan sebagai media pembelajaran oleh mahasiswa/i UT Hongkong dan mereka merasa puas dengan tingkat penggunaan e-learning yang mereka dapatkan, hal ini dilihat dari respon mereka saat mengakses informasi perkuliahan dalam sistem e-learning.

Kata kunci: E-Learning, Informasi, media pembelajaran, implementasi

References

Agustina, Anisa, & Dian, Hasanah. (2021). Penerapan Metode Nielsen Model Dalam Usability Testing Pada Web Portal Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wonosobo. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 3(1),160-167

Aunurrahman.(2019). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Belawati. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta Pusat: Penerbitan Universitas Terbuka.
Bengtsson, L. (2019). Take-home exams in higher education: A systematic review. Education Sciences, 9(1), 267

DGH, Divayana. (2017). Evaluasi Pemanfaatan E-Learning Menggunakan Model CSE-UCLA, Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36 (2), 280-289

Djam’an, Satori dan Aan, Komariah. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Fauziah Yanti. (2020). Metode Pembelajaran Berbasis Web (E-Learning) Dalam Proses Belajar Mengajar Secara Virtual, Jurnal Terapung: Ilmu social, 2(2), 35-44

Husnussaadah. (2021). Strategi Pembelajaran E-Learning Di Era Digitalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 10-16

Juliansyah, Noor. (2017). Metodologi penelitian, skripsi, tesis, disertasi, & karya ilmiah.Makasar: Kencana

Malini, H. (2020). Pengantar Penelitian Mixed Methods John W. Creswell. Pustaka Pelajar
Moeleong, L.J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya

Nora, Hardifa. (2013). Implementasi Pemanfaatan e-Learning dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Mahasiswa di Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Bina Bangsa GETSAMPENA. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 32(1), 112-113

Pribadi. (2019). Media dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Prendamedia Group
Selli, AG . (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Unsri Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya.Jurnal Ekonomi, 1(1), 1-24

Sugiyono (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta
Published
2023-12-31
Abstract viewed = 11 times
PDF downloaded = 4 times