Peningkatan Kemandirian Melalui Kemampuan Vokasional untuk Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Di SLB Branjangan

  • Khusna Yulinda Udhiyanasari Universitas PGRI Argopuro
  • Bhennita Sukmawati Universitas PGRI Argopuro
  • Nostalgianti Citra P Universitas PGRI Argopuro
  • Fitria Nur Hamidah Politeknik Negeri Malang PSDKU Kediri

Abstract

Siswa berkebutuhan khusus membutuhkan pembelajaran serta layanan khusus agar semua siswa dapat mencapai potensi yang maksimal sepeti anak pada umumnya. Salah satu tujuan SLB N Branjangan yang berlokasi di Jl. Branjangan, Semenggu, Bintoro, Kec. Patrang Jember, adalah mengembangkan siswa disabilitas yang mandiri. Mengoptimalkan kemandirian siswa disabilitas salah satunya dengan memberikan keterampilan praktis seperti membatik dan memijat. Kegiatan ini berupaya untuk mengajarkan keterampilan kepada siswa berkebutuhan khusus agar mereka bisa mandiri setelah keluar dari sekolah, seperti membuka usaha mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana keterampilan vokasi dapat membantu siswa disabilitas di SLB N Branjangan Jember menjadi lebih mandiri. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SLB N Branjangan Jember. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan Wawancara, observasi, dan dokumentasi semuanya digunakan untuk memperoleh data. Prasarana SLB N Branjangan Jember dalam menunjang keterampilan vokasi sudah cukup baik sehingga mendukung kegiatan penelitian ini. Keterampilan vokasional yang difokuskan di SLB N Branjangan yaitu membatik dan memijat. Dukungan dari semua aspek baik seluruh guru pendamping dan kepala sekolah antusias mendukung pelaksanaan kegiatan keterampilan vokasional tersebut.

 

Kata Kunci: kemampuan vokasional, kemandirian, anak berkebutuhan khusus.

References

Ainun, S.N. dan Martias Z. (2020). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Kue Brownies Melalui Metode Pembelajaran Langsung bagi Anak Tunarungu. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development. 3, 1. 36-40.

Atmaja, J. R. (2017). Pendidikan Dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Cendaniarum, W. B. dan Supriyanto. (2020). Pengelolaan Layanan Keterampilan Vokasional Siswa
Tunarungu. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. 08, 03. 167- 177.

Jaya, H. (2017). Perawatan dan Perbaikan Alat Elektronika (Keterampilan Vokasional bagi Anak Berkebutuhan Khusus). Makassar: Fakultas MIPA Universitas Negeri Makassar.

Lembaga Bahtsul Masail (LBM) PBNU, Perhimpunan Pengembangan Pesantrean dan Masyarakat (P3M), Pusat Studi dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya (PSLD-UB). (2018). Fiqih Penguatan Penyandang Disabilitas. Jakarta: Lembaga Bahtsul Masail PBNU.
Published
2023-12-31
Abstract viewed = 18 times
PDF downloaded = 15 times