Pengaruh Kuliah Online dan Motivasi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pascasarjana UNAI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa dampak kuliah online dan motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa pascasarjana Universitas Advent Indonesia (UNAI). Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan metode daftar pertanyaan atau kuesioner dengan menggunakan skala likert. Teknis analisa adalah menggunakan regresi linier dengan uji t uji F, Uji Koefisien Determinasi serta linier berganda yang digunakan untuk menguji hipotesis yang menggunakan SPSS. Hasil penelitian didapat bahwa prestasi belajar mahasiswa pascasarjana UNAI dapat dipengaruhi secara positif dari variabel pembelajaran kuliah secara online dan motivasi.
Kata Kunci: kuliah online, motivasi & prestasi belajar
References
Gunadi. (2014). Hubungan Motivasi Akademik Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma ‘X’ Di Jakarta Barat.
Limbong, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Daring Akibat Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa UNAI pada Semester Genap 2019/2020.
Pratiwi, W. (2020). The Practice of Digital Learning (D-Learning) in the Study from Home (SFH) Policy: Teachers’ Perceptions.
Purnawinandi. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 pada Prestasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Tahap Akademik.
Qomarudin (2015). Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk Pendidikan dan Pelatihan. DeePublish.
Santrock, jhon W. (2011). Psikologi Pendidikan. Kencana.
Saputra. (2021). Strategy for Teacher Professionalism Development in Improving the Quality of Learning.
Suryasubrata, S. (2002). Psikologi Pendidikan.
Uno. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya.
Wayhuni, E. N. (2010). Motivasi dalam Pembelajaran.
Copyright (c) 2024 Priadi Sianturi, Harlyn Siagian, P.E Sudjiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.