Peranan Guru Penggerak dalam Penerapan Kurikulum Merdeka SMP Negeri 16 Surakarta

  • Desilva Sindra Javanis Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sartini Sartini Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Rita Dwi Nawanti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Shodiq Purnomo Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Andriani Chondro Retno Handayaningsih Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sutama Sutama

Abstract

Tenaga pendidik yang professional memiliki peranan penting dalam mendidik peseta didiknya sehingga mencapai tujuan Pendidikan nasional yang telah ditetapkan, tugas utamanya adalah mendidik, mengajar, membimbing dan mengarahkan serta melatihm menilai dan mengevaluasi peserta didiknya. Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran seorang guru harus terlebih dahulu memahami peserta didiknya dengan konsep kurikulum yang berlaku saat ini mengenai konsep kurikulum dan pembelajaran termasuk kemampuan dalam pengembangan kurikulum disekolah, dengan kemampuan tersebut diharapkan guru mampu menerapkan kurikulum Merdeka disekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan narasumber guru penggerak SMP Negeri 16 Surakarta dengan cara pengumpulan data dengan Teknik observasi dan wawancara serta dokumentasi. Guru penggerak merupakan seorang yang dituntut untuk selalu mengembangkan diri dan pengetahuan dan keterampilannya sebagai bekal. Terlebih pada saat ini kurikulum Merdeka belajar baru saja diterapkan pada proses Pendidikan dan diharapkan dapat membantu guru lain mewujudkan tujuan pembelajaran kepada setiap peserta didiknya agar mereka bisa menghadapi tantang yang berlangsung.

 

Kata kunci: Peran Guru, Penerapan Kurikulum Merdeka, SMPN 16 Surakarta

References

Diani, A. A., & Sukartono, S. (2022). Peran Guru dalam Penilaian Autentik pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4351-4359.

Faiz. A. dkk. Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. DOI:https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504.

Husnani, H., Zaibi, Z., & Rollies, B. (2019, July). Tantangan Guru Di Era Kekinian. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

Indra, I. M., Mawaddah, I. A., Harahap, T. K., Khasanah, U., Darmawati, L. E. S., Trisnawati, S. N. I., ... & Hasan, M. (2023). Guru Penggerak Era Merdeka Belajar. Penerbit Tahta Media.

Lubis, R. R., Amelia, F., Alvionita, E., Nasution, I. E., & Lubis, Y. H. (2023). Peran Guru Penggerak dalam Meningkatkan Pemerataan Kualitas Kinerja Guru The Role of Moving Teacher in Increasing Teachers Performance Equal. Jurnal at-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan 33(1), 70-82.

Yusak Yokoyama, Bernadetha Nadeak, Hotmaulina Sihotang, MPLEMENTASI KOMPETENSI GURU PENGGERAK DALAM MENERAPKAN MERDEKA BELAJAR SMK DI TANA TORAJA, Jurnal Dinamika Pendidikan Vol 16 no 5 (2023)
Published
2024-03-04
Abstract viewed = 9 times
PDF downloaded = 7 times