Pengaruh Pendidikan Keluarga dan Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA N 2 Kota Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.31539/joeai.v7i2.9094Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendidikan keluarga dan kompetensi sosial guru PAI terhadap prestasi belajar siswa/i kelas 10 dan 11 di SMAN 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan menggunakan metode regresi ganda, metode pengumpulan data yang digunakan peneliti berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 48. Data yang sudah diperoleh lalu di uji validitas, uji reliabilitas dengan teknik Alfa Cronbach kemudian teknik analisis data dengan cara uji asumsi dasar,uji normalitas data, uji homogenitas data, Uji Linieritas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis penelitian dengan uji regresi berganda, uji F, uji T, serta uji Koefisien Determinasi dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menyatakan bahwa ada pengaruh pendidikan keluarga dan kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas X dan XI di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Kota Bengkulu sebesar 60,84 % sedangkan 39,16 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Pendidikan Keluarga, Kompetensi Sosial Guru PAI, dan Prestasi Belajar Siswa
References
Hasbullah. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Prrsada.
Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.
Shaleh, Abdul Rahman. 2005. Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparman, dam Khusnan Kusumawati. 2016. Pengaruh Pendidikan terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 5(2).
Uno, Hamzah B. 2007. Profesi Keguruan. Jakarta: Bumi Aksara.