Pengaruh Disiplin dan Motivasi terhadap Hasil Belajar pada Siswa Kelas IX Di SMP Negeri B Srikaton Kab. Musi Rawas

  • Sri Kartika IAIN Curup
  • Beni Azwar IAIN Curup
  • Rahmad Iswanto IAIN Curup
  • Hartini Hartini IAIN Curup
  • Dina Hajja IAIN Curup

Abstract

Berbicara tentang disiplin, sangat berkaitan erat dengan motivasi. jika seseorang memahami apa yang diinginkan dan apa yang harus dilakukan agar hidup terasa lebih nyaman, menyenangkan, sehat dan sukses akan memotivasi siswa untuk membuat perencanaan hidup dan mematuhi perencanaan yang dibuat atas kemauan dan kesadaran dirinya sendiri, sehingga akan menumbuhkan sikap disiplin dalam diri seseorang dan  dia akan giat dan tekun dalam belajar.  Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto.pada penelitian ini mencari pengaruh dari motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa. Adapun  populasi penelitian sebanyak 239 siswa  dengan sampel penelitian diambil sebanyak 52 siswa kelas IX di SMPN B Srikaton. Dengan  perhitungan rumus Issac Michael. Peneliti hanya mencari dampak atau pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Penelitian ini bersifat kuantitatif yang mana gejala–gejala akan diukur menggunakan angka – angka.

Berdasarkan hasil analisis data dari hasil kuisioner atau angket motivasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri B Srikaton saat ini termasuk kategori cukup. Secara parsial variabel motivasi belajar ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri B Srikaton yaitu berdasarkan uji t sebesar 2,141 yang lebih besar dari ttabel dengan probabilitas sebesar 0,035. Berarti hipotesis yang menyatakan “Ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri B Srikaton” diterima.

Berdasarkan hasil analisis data dari hasil kuisioner atau angket disiplin belajar siswa kelas IX SMP Negeri B Srikaton menunjukkan kategori tinggi. Secara parsial disiplin belajar ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas kelas IX SMP Negeri B Srikaton dilihat dari uji t sebesar 2,096 lebih besar dari ttabel dengan probabilitas sebesar 0,039. Berarti hipotesis yang menyatakan “Ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri B Srikaton” diterima.

Tidak ada pengaruh signifikan motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri B Srikaton ditunjukkan dari hasil uji F diperoleh Fhitung = 2,695 dengan probabilitas atau signifikansi sebesar 0,074 > 0,05 sehingga Ho diterima dan Ha3 ditolak yang berarti tidak ada pengaruh signifikan motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar.

 

Kata Kunci:  Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

References

Darwis, Amri. Metode Penelitian Pendidikan Islam, Pengembangan Ilmu Berparadigma Islami. Edited by 1. 1st ed. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2014.

E.Brophy., Kathryn R.W & Jere. Motivating Students to Learning. New York: Routledge., 2014.

Endang, Mulyatiningsih. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta., 2011.

Eva, Latipah. Pengantar Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani: PT Pustaka Insan Madani, 2012.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisi Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro., 2018.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, n.d.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar,. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2004.

Hurlock, Elizabeth B. Perkembangan Anak, Terj. Med Meitasari Tjandrasa,. Jakarta: Erlangga, 1990.

Imron, Ali. Manajemen Peserta Didik, Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Iskandar. Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru). Jakarta: Referensi, 2012.

Kompri. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2015.

Moenir. Masalah- Masalah Dalam Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2010.

Moenir, H.A.S. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia,. 10th ed. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Mudjiono., Dimyati &. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2006 . Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.

Mudjiono, Dimyati &. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Nana, Sudjana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo., 2009.

NoHamalik, Oemar. NoHamalik, Oemar.(2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Title, 2003.

Paryanto. “No Title.” Penerapan Metode Pembelajaran Kolaboratif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Teori Pemesinan Dasar. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, [S.l.], v. (2010): 169-194,.

Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya, 2010.

Rusmiasih. “No Title.” Pengaruh Motivasi dan Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA N 10 Purworejo, [S.l.], v. (2013): p.189-194,.

Sardiman. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.

Sardiman, A. M. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pres, 2006.

Shihab, Quraish. Al-Qur’an Dan Maknanya,. Cet 1. Ciputat: Lentera Hati, 2010.

Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya,. Bandung: Rineka Cipta, 2003.

Stephen N.E, Thomas R.K, Joan L.K, et al. Educational Psychology: Effective Teaching, Effective Learning. New York: McGraw-Hill Higher Education., 2000.

Stevani. “Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Padang. Jurnal of Economic Education, Vol 4 No 2 p 308-314. ISSN 2302-1590 E-ISSN 2460-190x. Http://Ejournal.Stkip-Pgri Sumbar.Ac.Id/Index.Php/Economica/Article/V.” Jurnal of Economic Education Vol 4 No 2 (2016): p 308-314.

Sugiyono. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.” Bandung : Alfabeta., no. 979-8433-71–8 (2013): 456.

Sulistyorini, Muhammad Fathurrohman dan. Belajar Dan Pembelajaran, n.d.
. Belajar Dan Pembelajaran, n.d.Belajar Dan Pembelajaran (Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional,. Edited by Teras. Yogyakarta: Teras, 2012.

Tu‟u, Tulus. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo, 2008.

Uno., Hamzah B. Teori Motivasi Dan Pengukurannya: Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Wahyuni, Baharuddin dan Esa Nur. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta,: ArRuz Media, 2012.

Widoyoko, E.P. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar., 2016.

Zuniarti, Budi. “Pengaruh Motivasi Belajar, Kinerja Intensitas Pembibingan Prakerin Tehadap Kesiapan Kerja Siswa. SMK Pariwisata DIY.” Jurnal Pendidikan Vokasi.405 (n.d.).
Published
2024-06-28
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times