Identifikasi Kesulitan Pembelajaran Mufrodat pada Santri

  • Joko Andi Koiruman Universitas Islam Nusantara Al-Azhaar Lubuklinggau
  • Nurus Amzana Universitas Islam Nusantara Al-Azhaar Lubuklinggau
  • Zuhri Zuhri Universitas Islam Nusantara Al-Azhaar Lubuklinggau
  • Ariyanto Ariyanto Universitas Islam Nusantara Al-Azhaar Lubuklinggau
  • Elce Purwandari Universitas Islam Nusantara Al-Azhaar Lubuklinggau

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan kesulitan pembelajaran Mufrodat pada pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhaar II Purwodadi Kabupaten Musi Rawas. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian disimpulkan bahwasanya kesulitan santri dalam penguasaan Mufrodat dikarenakan kurangnya kemampuan santri dalam memahami dan membaca tulisan Arab lantaran latar belakang pendidikan santri yang berasal dari sekolah dasar bukan dari madrasah ataupun pondok pesantren, hal ini mengakibatkan santri mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan mata pelajaran bahasa Arab yang sangat mengutamakan Mufrodat. Faktor lain yang mempengaruhi yaitu kurangnya motivasi belajar, dukungan keluarga, lingkungan, dan kurang menariknya metode pengajaran guru bahasa Arab sehingga menimbulkan rasa bosan santri. Adapun upaya sekolah mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengadakan hafalan Mufrodat sebelum memulai pelajaran yang diamanahkan kepada guru pengajar dan melakukan evaluasi bersama dalam memperbaiki kekurangan dalam pengajaran

 

Keywords: Identifikasi, Kesulitan, Pembelajaran Mufrodat, Santri

References

Al-Khuli., M. A. (2010). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Basan Publishing.

Amrina, A., Mudinillah, A., & Syurfa, Z. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Benime Sebagai Penunjang Pembelajaran Mufrodat Kelas Vii Mtsn Pasir Lawas Utilization Of Benime Application As A Support Of Mufrodat Learning For Class VII MTsN PASIR LAWAS. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 98–110. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK

Cahyati, A., Aprilia, D., & Rahmawati, R. D. (2023). Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Di Tadika Pasti As-Shariff Keningau Malaysia. Jurnal Education and Development, 11(1), 138–142. https://doi.org/10.37081/ed.v11i1.4308

Dede Rizal Munir, & Siti Nurlatifah. (2023). Efektivitas “Metode Tebak Kata “ Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(2), 01–13. https://doi.org/10.61722/jirs.v1i2.42

Dwita, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi terhadap Peningkatan Penguasaan Mufrodat (Kosa kata) Pembelajaran Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII Mts Mathla’ul Anwar Cemplang Tahun Pelajaran 2022/2023.
Shawtul Arab : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 20–34.

Fuad, F. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab (Studi di MTs. N. 1 Bandar Lampung). Al-Lisan, 5(2), 161–169.

Hamdy, M. Z., Ningsih, W. P., & Ruji. (2023). Pembelajaran Mufrodat dengan Metode Mind Mapping : Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Lughah wal Quran Pamekasan Madura. Aqlamuna: Journal of Educational Studies, 1(1), 86–115.

Hazmi, D., & Rasyid, H. A.-. (2023). Pengembangan Media Kantong Mufrodat dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Siswa Kelas IX SMP IT Ummi Ayuni Perbaungan. Manazhim, 5(2), 880–892. https://doi.org/10.36088/manazhim.v5i2.3540

Kustiawan, M. M. (2002). Dalil Al-Katib Wa Al- Mutarajim. PT. Agung Moyo Segoro.

Kusumaning, D., Mufidah, N., & Huda, M. M. (2022). Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Sabilil Muttaqien Banaran Kabupaten Magetan. MUHIBBUL ARABIYAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 115–133. https://doi.org/10.35719/pba.v2i2.34

Purwaningsih, A., Habibah, S., & Sa’adah, H. I. (2022). Pengaruh Media Gambar dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Hafalan Mufrodat Siswa Kelas III MI Islamiyah Tlogohaji Sumberrejo Bojonegoro. Al-Akhbar: Journal of Teaching Arabic as a Foreign Language, 2(2), 85–94.

Rohmawati, S. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Tentang الأدوات المدرسية Dengan Media Flash Card. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 3(1), 1465–1473. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PPGAI/article/view/1414

S, A. N. J., & Fitriani, L. (2023). Model Kooperatif Learning Berbasis TGT ( Teams Games Tournament ) Dalam Pembelajaran Mufrodat Di MTs El Jasmeen Malang. Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(2), 28–38. https://doi.org/10.23887/Jppp.V3i2.17382.2

Tu’aimah, R. A. (1989). Ta’lim al-‘Arabiyah Ligoir al-Natiqina Biha. Rabat.

Wijaya, M., Rozi, F., Nurus Suroiyah, E., & Wahyudi, W. (2023). Model Word Square : Konsep Simantik Siswa Mengenal Mufrodat pada Pembelajaran Bahasa Arab. Palapa, 11(1), 207–220. https://doi.org/10.36088/palapa.v11i1.3122

Zain, W. I. U., & Asyrofi, I. (2023). Pengaruh Metode Qira’ah dalam Pembelajaran Bahasa Arab terhadap Perbendaharaan Mufrodat Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5709–5715. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2562
Published
2024-03-16
Abstract viewed = 8 times
PDF downloaded = 1 times