Kesiapan Sekolah pada Implementasi Program Merdeka Belajar di Sekolah Menengah Atas Menuju Era Society 5.0

  • Bayu Wisnanda Universitas Lambung Mangkurat
  • Riki Anggara Putra Universitas Lambung Mangkurat
  • Dahlia Dahlia Universitas Lambung Mangkurat
  • Afriadi Ramadhani Rakhman Universitas Lambung Mangkurat

Abstract

Masyarakat era 5.0 lahir atas latar belakang kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat, salah satunya bidang pendidikan. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengimplementasaikan kebutuhan tersebut melalui program merdeka belajar. Merdeka belajar lebih menekankan pada proses belajar yang harus dilakukan dengan mengembangkan kemauan dan semangat, mengakui hak atas kebebasan berpikir serta tanpa rasa takut dalam bentuk apapun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana kesiapan sekolah menengah atas dalam mengimplementasikan program merdeka belajar menuju era society 5.0. Metode dalam penelitian ini menggunakan studi literatur secara kualitatif dengan fokus pembahasan tentang kurikulum merdeka dan program merdeka belajar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi dan menganalisis literatur 10 jurnal nasional dan 5 internasional, serta pedoman kebijakan merdeka belajar melalui Kemendikbud, peraturan perundang-undangan negara serta bacaan internet. Hasil dari penelitian ini merumuskan cara menghadapi masyarakat 5.0 dalam pendidikan: (1) Pemerintah harus berusaha meningkatkan pemerataan pembangunan dan keterbukaan memperluas koneksi internet di seluruh wilayah Indonesia. (2) Pemerintah harus mampu mensinkronkan pendidikan dan industri agar nantinya lulusan perguruan tinggi dan sekolah dapat bekerja di bidangnya dan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan industri untuk mengurangi pengangguran di Indonesia pada masa mendatang. Adapun aspek positif program merdeka belajar adalah guru lebih leluasa berkreasi dalam mengajar sebanyak mungkin dan mengenal minat, bakat, kebutuhan, dan kemampuan siswa. Kerjasama baik antara guru, penyelenggara sekolah, dinas, orang tua, dan pemangku kepentingan lainnya dalam program merdeka belajar dapat mempercepat tercapainya tujuan  sistem pendidikan nasional.

 

Kata Kunci: Era Sosial 5.0, Kurikulum Merdeka Belajar, Sekolah Menengah Atas

References

Aceng Kosasih. (2015). Konsep Pendidikan Nilai. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://www.duniaesai.

Aoun E, J. (2017). Robot-Proof: Higher Education In The Age Of Artificial Intelligence. MIT Press.

Habe, H. & A. (2019). Sistem Pendidikan Nasional.

Hadiapurwa, A., Riani, P., Yulianti, M. F., & Yuningsih, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar untuk Membekali Kompetensi Generasi Muda dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam , 4(1), 115–129.

Haqqi, H., & Hasna Wijayanti. (2019). Revolusi Industri 4.0 di tengah Society 5.0. Quadrant.

Kemendikbud. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kemendikbud. (2019). Pokok-pokok Kebijakan Merdeka Belajar.

Li, Q., & Ni, Y. (2011). Impact of curriculum reform: Evidence of change in classroom practice in mainland China. International Journal of Educational Research, 50(2). https://doi.org/10.1016/j.ijer.2011.06.003

Linh, P. K. (2019). Education in Industry 4.0. International Journal of Engineering Science Invention (IJESI), 8(6), 9–13. www.ijesi.org

Mansur, R. (2018). Belajar Jalan Perubahan Menuju Kemajuan. Jurnal Vicratina, 3(1), 145–157.

Nastiti, F. E., Ni’mal ’abdu, A. R., & Kajian, J. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan , 5(2), 61–66.

Ningrum, E. (2016). Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 9(1).

Patilima, S. (2021, November 25). Sekolah Penggerak sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0.

Salgues, B. (2018). Society 5.0: Industry of the Future, Technologies, Methods and Tools. (1st ed.). Wiley.

Skobelev, P. O., & Borovik, S. Y. (2017). On The Way From Industry 4.0 to Industry 5.0: From digital Manufacturing to Digital Society. International Scientific Jornal “Industry 4.0,” 2(6), 307–311.

Sofiah, R., & Hidayah, R. (2020). Analisis karakteristik Sains Teknologi Masyarakat (STM) Sebagai Model Pembelajaran : Sebuah Studi Literatur Characteristic Analysis Of Science Technology Society (STS) As a Model of Teaching : A Literature Study. Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 1–18. https://journal.uniku.ac.id/index.php/pedagogi

Worldtop20.org. (2023). International Education Database. Https://Worldtop20.Org/Education-Database/.
Published
2024-05-01
Abstract viewed = 7 times
PDF downloaded = 2 times