Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa

  • Endang Suswati Universitas PGRI Silampari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian mahasiswa semester I kelas A program studi pendidikan Biologi universitas PGRI silampari. Subjek penelitian berjumlah 20 oarang mahasiswa. Penelitian ini berlangsung tiga siklus melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw  dengan langkah-langkah sebagi berikut: (a) siswa dikelompokkan dengan anggota  4 orang; (b) tiap orang dalam tim diberi materi dan tugas berbeda; (c) anggota dari tim berbeda dengan penugasan yang sama membentuk kelompok baru (kelompok ahli); (d) setelah kelompok ahli berdiskusi, tiap anggota kembali ke kelompok asal dan menjelaskan kepada anggota kelompok tentang subbab yang mereka kuasai; (e) tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi; (f) pembahasan; dan (g) penutup. Berdasarkan penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran  kooperatif tipe jigsaw dapan meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata tiap siklus mengalami peningkatan sebesar 59,45 siklus I, 72,40 siklus II, dan 86,05 siklus III. Selain itu hasil belajar klasikal juga mennunjukkan peningkatan sebesar 25 % siklus I, 65% siklus II, dan 90% siklus III.

References

Asmara, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(1), 36-45.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Kahar, M. S., Anwar, Z., & Murpri, D. K. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 279-295.

Karacop, A. (2017). The Effects of Using Jigsaw Method Based on Cooperative Learning Model in the Undergraduate Science Laboratory Practices. Universal Journal of Educational Research, 5(3), 420– 434. https://doi.org/10.13189/ujer.2017. 050314

Kunandar. 2013. Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persaja.

Monalisa, L. A., & Trapsilasiwi, D. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pokok Bahasan Keterbagian Bilangan Bulat Untuk Meningkatkan Aktivitas Mahasiswa Semester Vi Tahun Ajaran 2014-2015 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universit. Pancaran Pendidikan, 4(2), 173-180.

Noperman, Feri. 2020. Pendidikan Sains dan Teknologi: Transformasi Sepanjang Masa Untuk Kemajuan Peradaban. Bengkulu: Universitas Bengkulu Pers.

Novianti, I. (2013). The Application of Cooperative Learning ModelJigsaw Type in Learning Mathematics. Asian Journal of Education and E-Learning, 01(05), 2321–2454. www.ajouronline.com

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persaja.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Sasongko, Rambat Nur. 2022. Inovasi Pengelolaan Pendidikan. Bogor: Halaman Moeka Publishing.

Saputra, M. D., Joyoatmojo, S., Wardani, D. K., & Sangka, K. B. (2019). Developing criticalthinking skills through the collaboration of Jigsaw model with problem-based learning model. International Journal of Instruction, 12(1), 1077–1094. https://doi.org/10.29333/iji.2019.1 2169a

Sitinjak, A. A., & Mawengkang, H. (2018). The Difference of Students’ Achievement in Mathematics By Using Guided-Discovery Learning Model and Cooperative Learning Model Jigsaw Type. Infinity Journal, 7(1), 45. https://doi.org/10.22460/infinity.v7

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tirtarahardja & Sulo. 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Published
2024-08-03
Abstract viewed = 3 times
PDF downloaded = 1 times