Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa

Authors

  • Endang Suswati Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.31539/joeai.v7i2.9995

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian mahasiswa semester I kelas A program studi pendidikan Biologi universitas PGRI silampari. Subjek penelitian berjumlah 20 oarang mahasiswa. Penelitian ini berlangsung tiga siklus melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw  dengan langkah-langkah sebagi berikut: (a) siswa dikelompokkan dengan anggota  4 orang; (b) tiap orang dalam tim diberi materi dan tugas berbeda; (c) anggota dari tim berbeda dengan penugasan yang sama membentuk kelompok baru (kelompok ahli); (d) setelah kelompok ahli berdiskusi, tiap anggota kembali ke kelompok asal dan menjelaskan kepada anggota kelompok tentang subbab yang mereka kuasai; (e) tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi; (f) pembahasan; dan (g) penutup. Berdasarkan penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran  kooperatif tipe jigsaw dapan meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata tiap siklus mengalami peningkatan sebesar 59,45 siklus I, 72,40 siklus II, dan 86,05 siklus III. Selain itu hasil belajar klasikal juga mennunjukkan peningkatan sebesar 25 % siklus I, 65% siklus II, dan 90% siklus III.

References

Asmara, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(1), 36-45.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Kahar, M. S., Anwar, Z., & Murpri, D. K. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 279-295.

Karacop, A. (2017). The Effects of Using Jigsaw Method Based on Cooperative Learning Model in the Undergraduate Science Laboratory Practices. Universal Journal of Educational Research, 5(3), 420– 434. https://doi.org/10.13189/ujer.2017. 050314

Kunandar. 2013. Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persaja.

Monalisa, L. A., & Trapsilasiwi, D. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pokok Bahasan Keterbagian Bilangan Bulat Untuk Meningkatkan Aktivitas Mahasiswa Semester Vi Tahun Ajaran 2014-2015 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universit. Pancaran Pendidikan, 4(2), 173-180.

Noperman, Feri. 2020. Pendidikan Sains dan Teknologi: Transformasi Sepanjang Masa Untuk Kemajuan Peradaban. Bengkulu: Universitas Bengkulu Pers.

Novianti, I. (2013). The Application of Cooperative Learning ModelJigsaw Type in Learning Mathematics. Asian Journal of Education and E-Learning, 01(05), 2321–2454. www.ajouronline.com

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persaja.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Sasongko, Rambat Nur. 2022. Inovasi Pengelolaan Pendidikan. Bogor: Halaman Moeka Publishing.

Saputra, M. D., Joyoatmojo, S., Wardani, D. K., & Sangka, K. B. (2019). Developing criticalthinking skills through the collaboration of Jigsaw model with problem-based learning model. International Journal of Instruction, 12(1), 1077–1094. https://doi.org/10.29333/iji.2019.1 2169a

Sitinjak, A. A., & Mawengkang, H. (2018). The Difference of Students’ Achievement in Mathematics By Using Guided-Discovery Learning Model and Cooperative Learning Model Jigsaw Type. Infinity Journal, 7(1), 45. https://doi.org/10.22460/infinity.v7

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tirtarahardja & Sulo. 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

2024-08-03