This is an outdated version published on 2025-06-30. Read the most recent version.

Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Keterampilan Berbahasa (Menyimak) pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V

Authors

  • Nuraziza Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pagar Alam

DOI:

https://doi.org/10.31539/joes.v8i1.10167

Abstract

Tujuan dari penulisan adalah untuk mengupayakan solusi agar siswa dapat mengatasi kesulitan belajar dalam keterampilan menyimak pada pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 72 Pagar Alam dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam keterampilan menyimak pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 72 Pagar Alam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negri 72 Pagar Alam yang berjumlah 320 siswa dan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling yaitu 3 orang guru Bahasa Indonesia dan 3 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah onservasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah masih banyaknya siswa yang masih mengalami kesulitan dalam menyimak karena kurangnya minat, minimnya kosakata dan banyaknya siswa yang tidak mengerti pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan siswa kesulitan balajar khususnya dalam keterampilan menyimak Bahasa Indonesia. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa SD Negeri 72 Pagar Alam masih berkesulitan dalam mempelajari Bahasa Indonesia terutama pada keterampilan menyimak.

Kata kunci: Kesulitan Belajar, Keterampilan Menyimak, Bahasa Indonesia.

Published

2025-04-24 — Updated on 2025-06-30

Versions