ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII A BERDASARKAN TEORI APOS PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT
DOI:
https://doi.org/10.31539/joes.v8i1.12731Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII A berdasarkan teori APOS pada materi operasi hitung bilangan bulat di MTs Al- Mubaraq Kota Bengkulu. Metode penelitian ini adalah dengan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil skor Tes APOS kemampuan pemecahan masalah S1 dengan kategori baik, ST1 dengan kategori baik, ST2 dengan kategori baik, SS1 dengan kategori baik, SS2 dengan kategori cukup, SR1 dengan kategori baik, dan SR2 dengan kategori kurang. Simpulan, secara keseluruhan diperoleh rata-rata semua indikator dalam kategori sedang. Subjek dengan kemampuan pemecahan tertinggi dalam menyelesaikan soal dengan 4 indikator, subjek dengan kemampuan pemecahan masalah kategori sedang dapat menyelesaikan soal dengan 3 indikator, serta subjek dengan kemampuan pemecahan masalah kategori rendah dapat menyelesaikan soal dengan 2 sampai 3 indikator.
Kata Kunci : Bilangan Bulat, Operasi Hitung, Pemecahan Masalah Matematis, Teori APOS.
Downloads
Published
Versions
- 2025-03-20 (2)
- 2025-03-25 (1)