Peningkatan Hasil Belajar IPAS pada Peserta Didik Kelas V Menggunakan Model PBL Berbantuan Video Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.31539/joes.v8i1.13491Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL berbantuan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbantuan video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V.B pada mata pelajaran IPAS. Hal ini terbukti dimana pada kegiatan pra siklus, rerata nilai peserta didik sebesar 57,14 dengan ketuntasan belajar 32,14%, pada siklus I rerata nilai peserta didik sebesar 67,85 dengan ketuntasan belajar 57,14%, siklus II rerata nilai 72,85 dengan ketuntasan belajar 71,43%, siklus III rerata nilai 78,92 dengan ketuntasan belajar 82,14%, dan siklus IV rerata nilai 81,42 dengan ketuntasan belajar 92,86%. Simpulan, Implementasi model problem based learning berbantuan video pembelajaran secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar pelajaran IPAS bagi peserta didik kelas V.B di SD Negeri 64 Palembang.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model PBL, Video Pembelajaran.
Downloads
Published
Versions
- 2025-03-18 (2)
- 2025-03-24 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal of Elementary School (JOES)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.