Pengembangan Media Saron Mini Lucu (SAMILU) Berbasis Permainan Game Online Quizizz untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Taripah . Universitas Negeri Semarang
  • Wahyu Lestari Universitas Negeri Semarang
  • Deni Setiawan Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31539/joes.v8i1.13789

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis budaya lokal, yaitu Saron Mini Lucu (SAMILU), yang diintegrasikan dengan platform game online Quizizz. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa SAMILU berbasis Quizizz berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis Peserta didik secara signifikan (p < 0,05). Selain itu, 92% Peserta didik menunjukkan tingkat antusiasme tinggi terhadap pembelajaran menggunakan media ini. Observasi kelas mengungkapkan bahwa media ini mampu menciptakan lingkungan belajar yang aktif, menyenangkan, dan interaktif. Integrasi elemen lokal dalam SAMILU juga memperkuat rasa kebudayaan pada Peserta didik. Simpulan, SAMILU berbasis Quizizz merupakan media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis Peserta didik SD. Media ini tidak hanya relevan untuk mata pelajaran seni budaya, tetapi juga dapat diadaptasi untuk bidang lainnya.

Kata Kunci : Game Online Quizizz, Kemampuan Berfikir, SAMILU, Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2025-02-16

Versions