IMPLEMENTASI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER GOTONG ROYONG SISWA DI SMP NEGERI 24 SAMARINDA
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu guna untuk mengetahui pengimplementasian Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam meningkatkan karakter gotong royong siswa. Jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 24 Samarinda pada bulan September 2024 November 2024. Subjek penelitian ini ialah Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Guru PPKn, dan siswa siswi dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa SMP Negeri 24 Samarinda telah mengimplementasikan, Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan baik dan maksimal. Dalam meningkatkan karakter gotong royong siswa guru tidak hanya membentuk siswa menjadi sebuah kelompok diskusi, tetapi memberikan penguatan penguatan yang sekiranya dapat membantu siswa dan dalam pengimplementasian didalam kehidupan siswa langsung merasakan diekstrakurikuler pramuka dengan berbagai kegiatan yaitu memasang tenda, memasak, dan membersihkan lingkungan sekitar.
Copyright (c) 2025 Nur Aini, Novita Majid, Moh. Bahzar, Wingkolatin Wingkolatin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.