Pengaruh Media Wordwall terhadap Kemampuan Membaca pada Siswa Autis
DOI:
https://doi.org/10.31539/gd5d7556Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh media wordwall terhadap kemampuan membaca pada siswa autis. Penelitian ini dilaksanakan di SLBN Branjangan Jember. Pendekatan kuantitatif digunakan penelitian ini dan menggunakan eksperimen semu (quasi experiment) sebagai jenis penelitiannya. Subjek penelitian adalah siswa autis berjumlah 5 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan membaca, observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan uji-t (paired sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh media wordwall terhadap kemampuan membaca siswa autis. Berdasarkan hasil analisis tersebut didapat peningkatan signifikan pada hasil rata-rata posttest dibandingkan pre-test, dengan selisih rata-rata 85%-31%= 54%. P-Value (t-test): 0,001 (p < 0,05). Simpulan pada penelitian ini adalah media wordwall berpengaruh terhadap kemampuan membaca siswa autis.
Kata Kunci: Siswa Autis, Kemampuan Membaca, Media Wordwall
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Shiddiq Bahiri, Asrorul Mais, Renalatama Kismawiyati, Partiwi Ngayuningtyas Adi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.