Meningkatkan Komunikasi Dua Arah Siswa Autis Melalui Metode Picture Exchange Communication System (PECS)

Authors

  • Yusro Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Asrorul Mais Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Renalatama Kismawiyati Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Partiwi Ngayuningtyas Adi Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31539/fn8m3e67

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan komunikasi dua arah siswa autis melalui metode Picture Exchange Communication System (PECS). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa autis berjumlah 1 siswa dengan inisial AG kelas 1 SD. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitaif dengan pendekatan penelitian Subject Single Research (SSR) yaitu metode penelitian eksperimen. Analisis dalam kondisi merupakan teknik yang digunakan dalalm analisis data pada penelitian ini. Teknik split-middle digunakan dalam menentukan kecenderungan arah pada penelitian ini. Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah metode PECS dapat meningkatkan komunikasi dua arah siswa autis. Hal ini dapat dilihat dari hasil adanya peningkatan pada kecenderungan arah ke arah naik dan terdapat perubahan level yang positif. Kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini adalah terdapat peningkatan komunikasi dua arah siswa autis melalui metode Picture Exchange Communication System (PECS).

Kata Kunci: Komunikasi dua arah, Siswa autis, Metode PECS

Published

2025-06-12