Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Autis Melalui Strategi Pembelajaran Visual

Authors

  • Anisyah Isnawati Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Asrorul Mais Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Renalatama Kismawiyati Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Partiwi Ngayuningtyas Adi Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31539/c0f3ny37

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa autis kelas 1SD melalui strategi pembelajaran visual. Pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi eksperimen) digunakan pada penelitian ini dan one group pre-test post-test digunakan dalam penelitian ini. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa autis berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes perbuatan dan observasi. Hasil penelitian pada uji Wilcoxon Signed-Rank Test, nilai Asymp Sig (2-tailed) = 0,043, hal ini menunjukkan bahwa skor antara pre-test dan post-test memiliki perbedaan yang signifikan. Simpulan pada penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran visual dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa autis kelas 1SD.

 

Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Strategi Pembelajaran Visual, Siswa Autis

Published

2025-06-16